WISATA DOMINO MENJALIN KEKERABATAN PARA PENSIUNAN KOMPLEK PALIMO INDAH || dutametro



Oleh : Ir. Abdul Aziz, MM

Pengamat Sosial, Ekonomi dan Teknologi


Banyak orang merasa gundah setelah memasuki masa pensiun. Usia pensiun di negara kita bervariasi, mulai 56 tahun hingga 60 tahun.


Setelah pensiun banyak orang merasa telah tua. Menjadi tua bukan sesuatu yang harus ditakuti karena sebagai manusia, menjadi tua merupakan berkah dari Tuhan. Setiap mereka yang diberi usia panjang, tentu harus mensyukurinya dengan hidup dalam naungan-Nya.


"Jangan menjadi tua, tidak peduli berapa lama Anda hidup. Jangan pernah berhenti berdiri seperti anak-anak yang penasaran di hadapan misteri besar tempat kita dilahirkan." - Albert Einstein.


Hasil penelitian yang diterbitkan dalam National Bureau of Economic Research melaporkan bahwa pensiunan merasa lebih sehat dan lebih puas dengan kehidupan mereka setelah berhenti bekerja. Analisa yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) pada ribuan pensiunan negeri itu menemukan bahwa empat tahun kemudian, mereka mulai menunjukkan perbaikan signifikan dalam langkah-langkah kesehatan, seperti mobilitas dan kemampuan untuk menangani tugas-tugas sehari-hari.


"Penelitian juga menunjukkan bahwa pensiun merupakan salah satu tonggak terbesar dalam hidup, yang mampu memberikan kesejahteraan yang lebih baik. Untuk memulai kebiasaan sehat, menjauhi stres dan lebih banyak berolahraga, hasilnya tidak akan langsung muncul," ujar peneliti, Devon Gorry, asisten profesor jurusan ekonomi di Utah State University (Beritasatu, 18 Juli 2015).





Ada bukti yang menyatakan, bahwa pandangan tentang pensiun yang kerap menurunkan kenikmatan dan kebahagiaan hidup adalah keliru, kata salah satu penulis studi Tim Olds dari University of South Australia. Sebuah studi dari Australia yang ditulis peneliti dalam jurnal Age and Ageing, menunjukkan bahwa seseorang yang telah menjalani masa pensiun lebih dapat menikmati kegiatan sehari-hari dibandingkan dengan masa ketika bekerja (Kompas, 28 Juni 2016).


Dengan demikian, bahwa Pensiun bukanlah hal yang menakutkan. Pensiunan masih bisa hidup bahagia dan melakukan banyak hal bahkan melakukan perjalanan wisata. Bersenang-senang dengan cara melakukan wisata ke suatu tempat menjadi hak siapa saja, termasuk para pensiunan yang sudah mulai memasuki usia senja. Meski tak bisa sebebas wisatawan pada umumnya, para pensiuanan usia senja masih bisa mencari kebahagiaan baru dengan berwisata.


Banyak cara yang digagas para pensiunan untuk bisa menikmati indah dan bahagianya masa pensiun. Contohnya, pada hari ini, rabu tanggal 03 November 2021, Bapak-bapak pensiunan yang sebagian besar berasal dari mantan pimpinan PT Semen Padang untuk kesekian kalinya melangsungkan Wisata Kekerabatan di Pantai Sanur Pariaman. Dipilihnya Pantai Sanur Pariaman pada kesempatan Wisata Kekerabatan kali ini tidak lepas dari kesepakatan bersama saat olah raga jalan bersama di pagi hari mengitari Komplek Palimo Indah.


Kegiatan berwisata yang biasanya barawal dari “garah dimeja domino” atau “bagalak-galak sambia jalan pagi” melahir ide wisata domino. Berwisata, makan bersama dan main domino yang dilakukan secara berpindah-pindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya sudah sangat sering dilakukan oleh kelompok pensiunan ini.


Pertandingan domino, makan bersama serta bakar ikan sambil “bagarah kudo” memperlihatkan seakan-akan mereka bisa lupa akan ketuaannya. “Batambah tuo tu lah takdir, tapi maraso tatap mudo itu adalah pilihan” demikian ungkap Pak Syabrizal Nurdin, yang tim sibuknya dalam acara ini.


Lain pula kata Pak Aslim Saleh “Semangat mudo tu lah nan manyatukan negara awak ko, lai jaleh dek Apak-apak tu” sambil tertawa lebar. Dari dulu, Pak Aslim Saleh memang tidak pernah berubah, periang dan suka humor.


Pertandingan domino yang menjadi pokok acara Wisata Kekerabatan kali ini dimenangkan oleh pasangan Pak Dalfi dan Pak Angerizal, sedangkan juara II diraih oleh pasangan dan III adalah pasangan Pak Bastian dan Pak Musni dan sebagai juru kunci dimenangkan oleh pasangan Pak Aslim Saleh dan Pak Firdaus.


Menikmati masa pensiun seperti yang sering dilakukan oleh para pensiunan Semen Padang ini patut ditiru agar para pensiunan atau orang  tua tetap sehat dan produktif karena "Kita tidak berhenti bermain-main karena menjadi tua; kita bertambah tua karena berhenti bermain." - George Bernard Shaw

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di www.DutaMetro.com,