Perlu Peningkatan Strategi dalam Percepatan Vaksinasi Covid 19 di Solok Selatan




Solsel, dutametro.com --- Kita telah mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi covid 19, hasilnya peningkatan sebesar 1 % per hari. Untuk itu diperlukan rencana nyata untuk meningkatkan capaian vaksinasi tersebut, demikian sambutan Wakil Bupati H Yulian Efi dalam rapat evaluasi percepatan vaksinasi Covid 19 Kab. Solok Selatan di aula Sarantau Sasurambi (17/11/2021).



Berdasarkan arahan presiden bahwa setiap pelayanan yang diberikan pemerintah, harus melaksanakan vaksinasi, baik lingkungan sekolah dan pelayanan kemasyarakatan. Untuk itu, tugas kita bersama untuk melaksanakan arahan tersebut, sebut Wabup.



Dinas kesehatan Solok Selatan menyatakan telah melaksanakan record vaksinasi kurang lebih sebanyak 75.000 orang warga yang telah di vaksin yang tersebar pada 7 Kecamatan. 



Pada kesempatan ini kita dapat mengecek warga yg belum vaksin berdasarkan data dari tim-tim di kecamatan. Target vaksinasi 60% pada akhir november atau 70 % pada akhir bulan Desember 2021 harus dilaksanakan sebaik-baik nya, ungkap Kadis Kesehatan Novirman. 



Data per 16 November 2021, persentase vaksinasi di Solok Selatan sebesar 52% untuk dosis 1 dan untuk dosis II sebesar 23.1%. Dilihat dari capaian pos vaksinasi atau fasilitas pelayanan vaksinasi yaitu puskesmas, disimpulkan bahwa target yg masih rendah adalah puskesmas sungai kalu sebesar 47,1%, capaian tertinggi 67,8% yaitu puskesmas lubuk ulang aling. Sementara itu, puskesmas lubuk gadang menyumbang terbanyak capaian vaksin sebanyak 21.373 dosis tahap 1 atau sebesar 59%.



Kapolres AKBP Tedy Purnanto mengatakan bahwa kegiatan Vaksinasi ini merupakan tugas Negara, semoga kita semua mendapat amal dari Allah SWT. 



Beliau juga memaparkan beberapa kendala dalam kegiatan vaksinasi, seperti masih percaya dengan berita hoax dampak vaksin dan penggerakan massa masih sebatas himbauan atau sosialisasi yang belum mengacu dan mendata nama dan alamat detail masyarakat.



Pabung 0309/Solok Kapten (Inf) Suryadi mengatakan upaya, kendala dan strategi diperlukan untuk meningkatkan capaian vaksin di Solok Selatan. Hal ini hendaknya menjadi perhatian kita bersama.



Turut hadir dalam acara rapat koordinasi percepatan vaksinasi covid 19 Kab. Solok Selatan Kajari Solsel, Asisten Pemerintahan, Forkopimda, FP-TJSLP serta Kepala OPD, Camat, Wali Nagari se Kab. Solok Selatan. (Met)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di www.DutaMetro.com