-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lusa, Padang Panjang Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara Enam Kali Berturut-Turut

Selasa, November 16, 2021 | November 16, 2021 WIB Last Updated 2021-11-15T17:15:14Z

 


PADANG PANJANG, dutametro.com- Kota Padang Panjang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara Tahun 2021, anugerah tertinggi untuk Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Ini merupakan Swasti Saba Wistara keenam yang diraih Padang Panjang secara berturut-berturut.


"Pada tahun ini, Padang Panjang menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang menerima penghargaan Swasti Saba Wistara," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Drs. Nuryanuwar, A.pt, MM, M.Kes kepada Komifo, Senin (15/11).


Nuryanuwar mengatakan, penghargaan tersebut nantinya akan diberikan Kemenkes RI dan diterima secara virtual/daring (dalam jaringan) oleh Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano pada Rabu (17/11) lusa.


Lebih lanjut, Ia menyampaikan, penghargaan yang diterima berkat keberhasilan Pemko dan juga Forum Kota Sehat dalam memenuhi seluruh indikator penilaian saat verifikasi lapangan oleh Kemenkes RI.


"Ada beberapa indikator atau tatanan Kota Sehat yang harus dipenuhi dalam penilaian. Di antaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan transpotasi sehat, tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan sosial yang sehat, tatanan kesehatan dalam masa pandemi Covid-19," jelasnya.


Nuryanuwar juga menjelaskan, keberhasilan Kota Padang Panjang dalam meraih Swasti Saba Wistara ini tidak terlepas dari dukungan, komitmen wali kota dan DPRD dalam menjalankan program Kota Sehat di Padang Panjang. Dan juga kerja keras dari Forum Kota Sehat mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan serta kesadaran dari seluruh masyarakat Padang Panjang terhadap kesehatan dan kebersihan.


Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat, Hariyanto, A.Md mengatakan, penghargaan Kota Sehat ada tiga elemen. Di antaranya, tatanan yang merupakan komitmen dari pimpinan daerah, tim pembina, dan juga kelembagaan masyarakat.


Untuk kelembagaan masyarakat, sebutnya, terdapat di dalamnya Forum Kota Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan, dan Pokja-Pokja Kelurahan yang berfungsi memotivasi dan mengadvokasi masyarakat untuk menyelenggarakan Kota Sehat dari tingkat bawah hingga atas.


"Bagaimana kita menciptakan masyarakat untuk tidak hanya sehat dari penyakit, tapi sehat ini memang betul-betul menjadikan Kota Padang Panjang kota yang aman, nyaman dan sehat untuk dihuni warganya," tuturnya.


Dalam penghargaan Swasti Saba Wistara, Hariyanto mengatakan, semua elemen itu berkontribusi besar untuk memenuhi aspek-aspek Kota Sehat. Ketika dinilai dokumen maupun aplikasi langsung, Padang Panjang benar-benar layak dan pantas menerima penghargaan Kota Sehat. (dega)

POLITIK

×
Berita Terbaru Update