-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dua Kelompok Tani Nilam Di Dusun Mapoupou, Makalo Menerima Bantuan 6 Unit Sulingan ||

Kamis, November 04, 2021 | November 04, 2021 WIB Last Updated 2021-11-04T07:33:13Z

 


Mentawai,dutametro.com--Dua Kelompok Tani di Dusun Mapoupou, Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, mendapatkan bantuan 6 unit sulingan Milan dari Pemerintah Desa Makalo, Kecamatan Pagai Selatan.


Dua kelompok tani yang mendapatkan bantuan sulingan Nilam dari Pemerintah Desa Makalo yakni kelompok tani Stavet KM 32, sebanyak 3 unit sulingan Nilam, dan kelompok tani Silainang, mendapatkan 3 unit sulingan Nilam.


Kepala Desa Makalo, Delti Hardi, menuturkan, masa Covid 19 ekonomi masyarakat turun, biasa petani pisang, dengan bebas menjual pisangnya sekarang terpaksa harus dibatasi, hal ini disebabkan karena menurunnya permintaan penampung pisang, sekarang ini harga Nilam sangat bagus sekali di penampung minyak Nilam di Desa Sikakap harga Nilam sekarang Rp550 ribu perkilogram sampai Rp560 ribu perkilogram, melihat hal itu dan semangatnya masyarakat kita dalam bertani nilam, maka pemerintah desa Makalo memberikan bantuan 6 unit sulingan Nilam kepada dua kelompok tani di Dusun Mapoupou, Desa Makalo, sulingan Nilam tersebut sudah di salurkan kepada kedua kelompok tani itu.


program bantuan sulingan Nilam ini merupakan program kepala Desa yang lama saya tinggal menyalurkan saja lagi.


Luas ladang Nilam kelompok ada yang 5 hektar dan ada juga 6 hektar, luas ladang Nilam kelompok tergantung jumlah anggota kelompoknya.


Kalau jumlah anggota kelompok 10 orang berarti luas ladang Nilam kelompok 5 hektar dimana sesuai dengan kesepakan kelompok setiap anggota kelompok menanam 1/5 hektar Nilam.


Kalau jumlah anggota kelompok 12 orang, maka luas ladang nilamnya 6 hektar.


Kenapa kita anjurkan kepada masyarakat untuk menanam nilam, selain harga Nilam sekarang lagi bagus, dan masa panen Nilam cepat, di umur 4 bulan Nilam sudah bisa di suling.


Tanaman Nilam dua kelompok tani tersebut sekarang umurnya bervariasi, ada yang sudah di panen siap untuk disuling, ada juga yang baru ditanam, yang baru ditanam itu karena sudah di panen sebelumnya.


Selain memberikan bantuan sulingan Nilam, agar sulingan Nilam ini terawat dan tahan lama, pemerintah desa Makalo juga memberikan bantuan kayu dan seng untuk membuat pondok sulingan Nilam,sebelumnya Pemerintah Desa Makalo juga telah menyalurkan bantuan untuk kelompok nelayan di Desa Makalo.


bantuan yang diberikan pemerintah Desa Makalo sumber dananya dari Anggaran DanA Desa (ADD) 2021, dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatnya ekonomi masyarakat berpengaruh terhadap pendidikan generasi selanjutnya, ekonomi meningkat tentu masyarakat kita bisa menyekolahkan anaknya sampai ke perguruan tinggi, kami dari pemerintah Desa Makalo akan tetap memantau dan melakukan pembinaan kepada masyarakat supaya bantuan yang telah kita salurkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, jelasnya.sl

POLITIK

×
Berita Terbaru Update