Mengenal Sosok Dea Rizkita || dutametro






dutametro.com. -

Hai teman  teman online ku, sudah pada kenal dengan sosok Dea Goesti Rizkita belum?, seorang ibu yang sedang mengandung anak pertamanya ini merupakan Putri Indonesia Perdamaian 2017 dan representative Indonesia diajang kontes kecantikan Dunia pada perhelatan Miss Grand International di Vietnam pada tahun 2017 lalu. Kuliah dijurusan ilmu komunikasi dan sering jadi pemateri yg berhubungan dengan Publick Speaking, Pemilik akun Instagram @dearizkita ini juga sering berbagi tips2 tentang ilmu publick speaking.

Mengulik dari akun instagram pribadinya @dearizkita, bisa dibilang ia merupakan salah satu edukator pengguna sosial media dengan mempunyai sekita 261.000 pengikut disana. Di akun instagramnya ini, ia sering memberikan tips and trick yang berkenaan dengan apapun yang menyangkut komunikasi. Dia dapat dengan sangat luar biasa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di instagram seperti feeds, instagram story, reels, dan juga igtv.

Mbak dea ini mengemas materinya dengan menarik melalui video-video singkat yang dia unggah melalui akun instagram pribadinya tersebut. Beberapa materi yg pernah dia angkat melalui video videonya diantaranya tips anti gagal nge-MC, Personal branding dan Pencitraan, tips menjadi mc di masa pandemi, pentingnya nyalain fiture video saat meetin online dan lain sebagainya.

Mari kita bahas salah satu video mbak dea yang dia beri judul "tips anti gagal jadi MC", salah satu tips yang dia bagi adalah menyarankan kita yang akan jadi mc untuk googling dulu para narasumber yang akan kita ajak berbincang nantinya, karna mengapa?, semakin kita kenal dengan para narasumber tersebut, seperti nama lengkap dan panggilan nya siapa, keahlian nya dibidang apa, prestasi nya apa saja, bahkan kehidupan keluarga serta kehidupan sosial mereka seperti apa, sehingga memudahkan kita untuk mencari topik obrolan yang yang akrab dengan para narasumber dan terkesan tidak kaku. 

Benar sekali tips yang diberikan mba dea ini, karna apabila kita melakukan kesalahan pemanggilan nama dan lain sebagainya. maka hal demikian dapat berakibat fatal dan memberikan kesan tidak profesional bagi kita seorang MC. Nah divideo ini mba dea juga menyampaikan materinya dengan lues dan intonasi yang menarik bagi para pendengarnya. Cara mba dea menyampaikan materi lewat video tersebut juga dapat kita jadikan sebagai pelajaran bahwa seperti itu salah satu cara membangun kemampuan public speaking kita di media online. 

Adapun contoh lain konten yang terdapat pada reels akun @dearizkita adalah video berjudul “Namanya juga Powerpoint”. Didalamnya ia menjelaskan bagaimana seharusnya kita menggunakan powerpoint sebagai alat presentasi agar presentasi tidak membosankan. Dijelaskan bahwa powerpoint jangan diisi dengan teks yang panjang namun hanya dengan poin-poin penting dan gambar-gambar saja. Mba Dea begitu panggilannya tidak menyampaikannya secara monoton, melainkan dengan diiringi music khas tiktok dan inti pembicaraan ditulis dengan sedikit tulisan yang muncul secara satu-persatu sesuai dengan beat musik. Postingan ini pun mendapat 2,547 likes dari penontonnya.

Konten lainnya juga ada reels yang berjudul ”Benda Gaib Andalan saat NgeMC”.  Dari judulnya saja sudah saat menarik dan memunculkan pertanyaan. Emang benda gaib apa? Emang MC ada hubungannya sama mistis? Kok bisa ngandalin benda gaib? Padahal hal yang ia sampaikan tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau seperti itu. Didalam video ini menjelaskan bahwa ketika nge MC harus selalu membawa bolpoin sendiri. Bolpin inilah yang nantinya berguna untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi saat akan MC agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. 

Nah, mengapa bolpoin disebut benda ajaib? Karena kita memang dapat dengan mudah menemukan bolpoin namun terkadang bolpoin ini tidak dapat ditemukan disaat-saat yang genting. Cara penyampaian yang digunakan divideo ini sedikit berbeda, disini ia tidak menjelaskan lewat tulisan, namun dijelaskan secara langsung. Akan tetapi dengat tetap mempertahankan ciri khasnya, materi yang ia sampaikan tetaplah ringan dan dijelaskan dengan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti.

Video yang sering mbak dea bagikan memang cenderung dengan durasi yang singkat, namun dengan durasi yang singkat tersebuk dia bisa mengemas materi yang hendak dia sampaikan dengan rapi, dan tidak terkesan monoton, sehingga para followers beliau yang menonton juga tidak bosan dengan apa yang mbak dea sampaikan. Ditambah lagi materi yang sering dibahas adalah materi yang sangat relate dengan sistem pendidikan siswa dan mahasiwa yang serba online. Sehingga tak heran jika  video mbak dea mengundang ribuan like dan ratusan komentar dari para penggemar beliau di akun instagram pribadinya, karna followers nya yang merasa terbantu dengan tips yang sering ia bagikan.

Dari feeds postingan di akun instgramnya juga terlihat bahwa mba Dea sering sekali mengisi kelas, seminar, workshop dan sebagainya sebagai seorang pembicaranya. Hal ini menunjukkan Putri Indonesia Perdamaian 2017 ini sangatlah aktif dan menginspirasi walaupun sekarang dia sedang mengandung. Jadi jangan ditanya lagi kalau dulunya mba Dea ini gimana orangnya. Yuk,, sobat-sobat online yang membaca blogku jangan mau kalah sama mba Dea ya…… Kita juga bisa kok <3


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di www.DutaMetro.com,