Ticker

6/recent/ticker-posts














6/Sumatera Barat/hot-posts



Olahraga

6/Olahraga/hot-posts

Facebook


Sumatera Barat


Hot Widget

recent/hot-posts

Ini Upaya Pemko Solok Dalam Memenuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat || dutametro

Posted by: On October 14, 2021



Kota Solok.dutametro.com


Pemerintah kota Solok melalui PDAM setempat, mendapatkan sumber kekuatan baru untuk memaksimalkan upayanya memenuhi kebutuhan  masyarakat terhadap air bersih, dan  diyakininya, genangan air Batang Imang Payo akan menjadi sumber kehidupan baru bagi masyarakat kota Solok.


Batang Imang Payo adalah salah satu sumber mata air yang terletak di dataran tinggi bukit Payo, kelurahan Tanah Garam, kecamatan Lubuk Sikarah kota Solok. 


Dan sesuai rencana yang terprogram oleh PDAM kota Solok, sumber air tersebut akan diproduktifkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik untuk kebutuhan keluarga maupun untuk lahan pertanian.


Beranjak dari rencana tersebut, wakil walikota Solok, Dr.Ramadhani Kirana Putra, bersama tim ahli PDAM kota Solok, serta unsur masyarakat setempat, melakukan survei lokasi.


Dari keterangan Direktur PDAM kota Solok, Rabbi Lusky, Kamis 14 Oktober 2021, diruang kerjanya, dari hasil survei lokasi yang telah dilakukan, untuk perkiraan sementara, selain untu

dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga terhadap air bersih, sumber air tersebut juga akan memadai untuk mengakomodir lahan pertanian masyarakat.


Namun untuk mengemasnya, dibutuhkan sinergitas seluruh unsur terkait, disertai dengan persediaan modal yang cukup besar untuk pembangunannya.


Menurut Rabbi Lusky, selain untuk membangun saluran air, pengemasan Batang Imang Payo untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat, juga dibutuhkan sebuah Imtek untuk menampung air yang akan dialirkan, dan untuk melaksanakannya, perlu dilakukan kajian yang lebih mendalam bersama pihak eksekutif dan Legislatif.


Sementara itu ditempat berbeda, nada serupa juga disampaikan oleh wakil walikota Solok, menurut Ramadhani, untuk memproduktifkan sumber air Batang Imang Payo, juga dibutuhkan  persetujuan dari DPRD kota Solok.


Sementara itu, semua program atau langkah langkah strategis telah dimiliki oleh PDAM kota Solok, dan instansi terkait lainnya.


(Febri)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »