Masa Reses III Tahun 2021, Anggota DPRD Agam Manfaatkan Untuk Serap Aspirasi Warga

 


Manfaatkan masa reses persidangan ketiga tahun 2021, seluruh anggota DPRD Agam gelar kunjungan kerja ke wilayah daerah pemilihan (dapil) masing-masing yang digelar serentak mulai Selasa,(3/8) kemarin.

Kunker seluruh anggota dewan dari dapil masing-masing itu, bertujuan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat dan pemilih, yang akan dibahas bersama dalam forum tingkat daerah untuk ditindaklanjuti.

Kegiatan kunker para anggota dewan dari 6 daerah pemilihan itu disebutkan Hasneril, Kasubag. Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam yang menyebutkan, kunker ke dapil masing-masing tersebut, menjadi agenda penting yang sudah dirancang sebelumnya, sebagai bagian dari tugas dan tanggungjawab para anggota dewan kepada konstituennya masing-masing.

Dikatakan, kunker ke dapil masing-masing Jadwalnya dibagi per kecamatan, dimana anggota dewan akan menghimpun berbagai masukan dan saran, termasuk aspirasi dari masyarakat yang akan menjadi agenda bahasan untuk ditindaklanjuti dalam rangkaian pembangunan kabupaten Agam.

“ Kunker Dapil menjadi agenda rutin anggota DPRD Agam, yang juga menjadi dasar dalam menyusun berbagai kerangka rencana pembangunan Agam kedepan yang didasari aspirasi masyarakat, “ungkap Hasneril lagi.


Anggota DPRD Agam Dapil I Reses ke Lubukbasung-Tanjung Mutiara

Kunjungan kerja anggota DPRD Agam yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi kecamatan Lubukbasung dan kecamatan Tanjung Mutiara, mendapat apresiasi dari para anggota dewan.

Kunker hari pertama Selasa,(3/8) digelar di aula kantor camat Lubukbasung dihadiri camat Harmezi, beberapa walinagari, walijorong dan unsur forkopimca Lubukbasung, dihadiri para anggota DPRD Agam Antonis, Noveri Edios, Gema Saputra, Nesi Harmita, Epi Suardi, dan M. Ater Dt. Manambun.

Seperti disebutkan Hasneril, Kasubag. Humas -Protokol Sekretariat DPRD Agam pada kesempatan tersebut, Anggota DPRD Agam, Noveri Edios mengatakan tujuan reses ini dalam rangka menjemput dan menghimpun aspirasi dari masyarakat di Kecamatan Lubukbasung, yang akan dibawa ke DPRD Agam untuk dibahas.

Hasneril, SE
Kasubag. Humas -Protokol Sekretariat DPRD Agam

Sementara itu, Antonis mengatakan meski dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya akan berusaha memperjuangkan aspirasi masyarakat yang disampaikan pada pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, walinagari, Bamus dan tokoh masyarakat menyampaikan beberapa aspirasinya seperti jalan dua jalur dari Simpang Gudang ke Balai Salasa, pengaspalan jalan, pembangunan jembatan, perbaikan pasar Padang Baru, serta kegiatan prioritas bisa berjalan.


M.Ater Dt.Manambun Ke Tanjung Mutiara, Seluruh Walijorong Hadir Sampaikan Aspirasi

M.Ater Dt.Manambun, anggota DPRD Agam dari Dapil I-fraksi partai Berkarya mengaku salut dan memberi apresiasi yang tinggi pada seluruh walijorong dan walinagari di kecamatan Tanjung Mutiara yang mengikuti rangkaian kunjungan kerja anggota dewan memanfaatkan masa reses III tahun 2021, Rabu,(4/8).

Salut dan bangga M.Ater Dt.Manambun, sebagai mantan walijorong di Sugai Jariang, Nagari Lubukbasung, kecamatan Lubukbasung itu, mengaku bangga, karena respon para walinagari dan walijorong yang mengikuti kegiatan anggota dewan tersebut, bahkan menyampaikan berbagai aspirasi terkait dengan dukungan kinerja mereka.

Disebutkan, sesuai agenda yang tengah disusun, M.Ater Dt.Manambun yang duduk di Komisi I DPRD Agam itu meyakinkan, akan berupaya memperjuangkan terealisasinya dukungan operasional untuk para walijorong, yang saat ini masih dalam proses pembahasan ditingkat komisi.

“ Kami mengapresiasi para walijorong yang menjadi perpanjangan tangan langsung pemerintah pada masyarakat, termasuk para ketua RK dan kepala dusun, dan unsur lain yang membantu pelaksanaan tugas pemerintah.Ini tengah kami perjuangkan, “ sebutnya.

Selanjutnya, tokoh ninik mamak Nagari Lubukbasung itu, mengaku salut dan mengapresiasi peran aktif para walijorong di kecamatan Tanjung Mutiara yang seluruhnya hadir dalam kunker anggota dewan dari Dapil I di aula kantor camat Tanjung Mutiara tersebut, yang menurutnya menjadi bagian dari silaturrahmi pihaknya selalu alumni walijorong di kabupaten Agam.


Anggota DPRD Agam Dapil II Tampung Aspirasi Warga Ampel Nagari

Masyarakat Kecamatan Ampek Nagari menitipkan sejumlah harapan pembangunan kepada Anggota DPRD Agam dari daerah pemilihan (Dapil) II. Aspirasi itu disampaikan saat anggota dewan melakukan kunjungan kerja dalam masa reses III tahun 2021, di Kantor Camat Ampek Nagari, di Bawan, Selasa (3/8).

Mewakili masyarakat, Sekretaris Kecamatan Ampek Nagari, Hendra mengatakan para wakil rakyat Dapil II Agam diharapkan mampu meningkatkan laju pembangunan di seputar wilayah Ampek Nagari.

“Ini harapan masyarakat kita, para konstituen legislator konstituen Agam mengharapkan betul wakil rakyat mereka dapat meningkatkan akselerasi pembangunan, baik fisik maupun pengembangan sumber daya mereka,” katanya.

Lebih spesifik dijelaskan, item pembangunan yang dinilai warga medesak atau diutamakan yakni peningkatan daerah irigasi Batang Bawan, Batu Palano dan Batang Sitanang.

Kemudian, memperhatikan kelangsungan pendidikan anak nagari, terutama di masa pandemi,termasuk mengaktifkan kembali Satgas Covid-19 Nagari demi menekan laju penularan pandemi covid-19.

“Lalu, pembangunan sarana dan prasarana umum di wilayah Kecamatan Ampek Nagari. Baik itu pembangunan pasar, jalan, penanganan kawasan rentan bencana dan sebagainya,”ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, menurut Hasneril, Kasubbag Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam, menyampaikan sejumlah wakil rakyat dari Dapil II Agam sengaja turun menyambangi konstituennya untuk menampung aspirasi.

Disebutkan, legislator yang langsung menemui masyarakat itu antara lain Rizki Abdillah Fadhal, Zulpardi, Ar Yutinof, Jondra Marjaya dan Yopi Eka Androni. “Anggota dewan yang hadir pada reses itu akan memperjuangkan aspirasi masyarakat hingga ke tingkat selanjutnya,”sebut Hasneril.


Reses DPRD Agam Dapil III ke Kamang Magek, Bahas Masalah Pendidikan Dengan Warga

Anggota DPRD Agam dari Dapil III, gelar kunjungan kerja memanfaatkan masa reses pada masa persidangan III tahun 2021 yang diikuti langsung Ketua DPRD Agam Novi Irwan bersama Hendrizal, Fairisman, Edward, Mardanis, dan Syafruddin di Kecamatan Kamang Magek. Selasa (03/08).

Pada reses ke Dapil III itu, diterima Camat Kamang Magek yang diterima Camat Rio Eka Putra beserta jajaran juga di hadiri Walinagari, Jorong, ketua Bamus, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan ketua pemuda se -kecamatan Kamang Magek guna untuk menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Kamang Magek.

Camat Kamang Magek Rio Eka Putra dalam kata sambutannya meminta dukungan pada ketua dan anggota DPRD dari Dapil III Agam, agar mendukung pembukaan jalan dari Tilatang Kamang ke Kecamatan Palupuh melalui Pauh Kamang Mudiak yang sudah di bangun melalui anggaran PNPM.

Selain itu, juga mengapung aspirasi dari Doni ketua pemuda Kamang Hilia, mengatakan terkait dengan pendidikan dengan menjamurnya sekolah swasta yang fasilitas yang lengkap, sehingga dia meminta agar sekolah negeri bisa bersaing dengan sekolah swasta, sehingga butuh perhatian khusus.

Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan,S.Pd.MM dalam sambutannya mengatakan reses kali ini, untuk menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Kamang Magek, yang tujuannya untuk pembangunan Kecamatan Kamang Magek kedepan, dan beberapa waktu yang lalu DPRD bersama pemerintah kabupaten Agam telah menyetujui ranperda RTRW dan RPJMD menjadi perda, ini tidak terlepas dari peran niniak mamak.

“Terkait dengan jalan Tilatang Kamang -Palupuh via Pauh kami akan mendukung untuk prosesnya ke provinsi terkait tindak lanjut pembangunan jalan ini, ” tegas Novi Irwan.

Disamping itu, Novi Irwan juga menjelaskan masalah pendidikan di kabupaten Agam memang sekarang ini Kabupaten Agam kekurangan guru kurang lebih seribu orang, serta modernisasi bidang belajar mengajar, dan di tambahkannya pelajaran di bidang agam seperti Tahfiz dan muatan lokal lainnya.

Edwar Dt.Manjuang anggota DPRD Agam dari Dapil III juga menjelaskan maju-mundurnya pendidikan di Kabupaten Agam tergantung dengan SDM dan fasilitas pendidikan sekolah serta kerjasama sekolah dengan komite serta wali murid, ” jelas Edward.


Reses Anggota DPRD Dapil IV Agam Jemput Aspirasi Warga Baso

Anggota legislatif daerah pemilihan (Dapil) IV DPRD Kabupaten Agam menyambangi Kecamatan Baso untuk menyerap aspirasi dari konstituen, Selasa (3/8). Sejumlah harapan dan aspirasi masyarakat dari setiap nagari di kecamatan Baso, menjadi catatan penting yang akan diperjuangkan ke tingkat selanjutnya.

Seperti dijelaskan Hasneril, Kasubag. Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam, mewakili masyarakat, Sekretaris Kecamatan Baso M. Nofiardi Ismail mengatakan sejumlah aspirasi terkait pembangunan fisik maupun non fisik di wilayah itu masih perlu ditingkat, alah satunya pembangunan bidang pertanian.

Pihaknya berharap, bisa dibangun saluran drainase sepanjang 3,5 KM, saluran drainase itu, dapat mencegah terjadinya bencana banjir yang berdampak kawasan pertanian masyarakat. “Selain itu, masyarakat juga berharap adanya pemberdayaan dan peningkatan keahlian para petani, seperti membuat pupuk secara mandiri dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat di Nagari Koto Tinggi juga berharap peran serta anggota dewan dalam upaya meningkatkan fungsi lembaga nagari. Masyarakat berharap adanya dukungan anggaran pembinaan generasi muda demi pelestarian adat dan budaya.

“Kami masyarakat Baso sangat senang dengan kehidaran para anggota dewan, semoga masa reses segela aspirasi masyarakat bisa ditampung dan dibawa ke tahap selanjutnya,” katanya.

Semantara itu, Legislator dari Dapil IV Agam yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Agam, Suharman menyebut menjemput aspirasi dari masyarakat merupakan perwujudan tugas dan fungsi DPRD sebagai wakil rakyat,” ,anggota DPRD merupakan penyambung lindah antara masyarakat dan pemerintah, “ujarnya.

Dikatakan, sejumlah wakil rakyat dari Dapil IV Agam sengaja turun menemui konstituennya guna menampung aspirasi mereka. Disebutkan, legislator yang juga turun langsung menemui masyarakat itu antara lain Adrius, Zulhefi, Doddi ST, Rinal Wahyudi, Syaflin, Ridwan Suhaili, dan Ais Bakri.


Anggota DPRD Dapil V Agam, Dialog Dengan Warga Sungai Pua

Beragam persoalan sosial yang dialami masyarakat di Kecamatan Sungai Pua mengapung saat kunjungan sejumlah Anggota DPRD Agam dari daerah pemilihan (Dapil) V Agam, Selasa (3/8). Persoalan yang mencuat mulai dari kelangkaan dan tingginya harga pupuk hingga masih terdapatnya satu jorong yang belum tersentuh layanan penerangan listrik.

Selain itu juga mencuat sederet aspirasi dari masyarakat tentang peningkatan pembangunan fisik secara berkelanjutan dan merata di wilayah itu.

Seperti relis yang dari Hasneril Kasubag. Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam menjelaskan, dalam kunjungan itu, Camat Sungai Pua, Syafrizal mengatakan, wakil rakyat merupakan penyambung harapan masyarakat. Diharapkan, segenap aspirasi masyarakat di Kecamatan Sungai Pua dapat diperjuangkan Anggota DPRD Agam di Dapil V tersebut.

Menurut Camat, kegiatan reses merupakan momentum bagi masyarakat maupun bagi anggota DPRD untuk berkomunikasi dan berdialog dengan masyarakat secara langsung.

Semoga aspirasi yang kami sampaikan ini dapat jadi masukan dan saran serta kontribusi dari masyarakat untuk membangun Agam, khususnya nagari-nagari di Kecamatan Sungai Pua ke depannya,” kata Syafrizal.

Dijelaskan, ada sederet persoalan sosial yang dialami masyarakat di Kecamatan Sungai Pua yang membutuhkan perhatian khusus Anggota DPRD untuk mengatasinya. Diantaranya, masih ada satu jorong di Nagari Sariak yang belum tersentuh penerangan listrik hingga kini.

Kemudian di Nagari Batagak, masyarakat kerap dihadapkan dengan kelangkaan pupuk, harga yang tinggi dan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi. Termasuk persoalan klasik penanganan sampah kiriman ke Batagak yang berbatasan dengan Padang Panjang.

Disamping itu, ulasnya, masyarakat juga berharap kepada anggota dewan agar mengupayakan untuk membangkitkan kembali geliat ekonomi di Pasar Amor, Batu Palano, mendorong peningkatan UMKM, pengembangan sektor pariwisata nagari, keagamaan, pendidikan, pertanian dan infrastruktur.

Menanggapi itu, Anggota DPRD Agam Dapil V, Aderia selaku juru bicara rombongan mengatakan, semua aspirasi dan temuan di lapangan serta harapan masyarakat ketika reses, akan dirangkum dan menjadi kewajiban untuk ditindaklanjuti.

Disebutkan,masalah itu menjadi aspirasi yang akan disampaikan pihaknya ke pemerintah daerah, baik kabupaten, provinsi hingga ke pusat. Menurutnya, reses merupakan komunikasi dua arah antara setiap anggota legislatif dengan konstituennya.

Ditambahkan, pelaksanaan reses sudah menjadi agenda wajib bagi anggota dewan dalam rangka menampung aspirasi dan membangun silaturahmi dengan masyarakat di daerah pemilihan. “Nantinya, hasil reses yang dilaksanakan akan menjadi pokok-pokok pikiran dewan untuk dibahas bersama dengan pemerintah daerah, “ujarnya.

Anggotan DPRD Dapil V yang mengikuti reses di Kecamatan Sungai Pua yakni Erdinal, Guswardi, Fery Adrianto, Aderia, Asrizal, Zulfahmi, Salman Linover dan Zulhendrif Bandaro Labiah.


Anggota DPRD Agam Dapil VI Dialog Dengan Warga Matur

Wakil ketua DPRD Agam Irfan Amran bersama anggota DPRD Agam dari Dapil VI kunjungi Kecamatan Matur dalam rangka reses untuk menjemput aspirasi. Rombongan anggota DPRD Agam Dapil VI itu disambut Camat Matur Edo Aipa Pratama di Kantor Camat,Selasa,(3/8).

Seperti dijelaskan Hasneril Kasubag Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam, dalam acara tersebut, Camat Matur Edo Aipa Pratama mengatakan terbantu dengan kehadiran anggota DPRD Agam,yang turun dan bertemu dengan pemuka masyarakat yang dihadiri dari setiap nagari.

Disebutkan, seluruh undangan yang hadir, untuk mendengarkan paparan langsung dari anggota dewan Dapil VI yang terdiri dari kecamatan Matur dan kecamatan Tanjung Raya

Hal yang sama juga mendapat tanggapan oleh audien yang hadir bersama dewan Dapil VI dalam menyerap aspirasi masyarakat sekaligus silaturrahmi dengan warga yang ikut mendukung kehadiran anggota Dewan yang terhormat.

Dalam kunjungan kerja tersebut anggota DPRD Dapil VI ke Kecamatan Matur yang dihadiri wakil ketua DPRD Agam Irfan Amran Syaharuddin , Mardisal Athan, Suhermi dan Alhamdi Arief.

Ketua rombongan wakil ketua DPRD Agam Irfan Amran mengucapkan terima kasih kepada Camat Matur yang telah menerima kunjungan dari anggota DPRD Agam dari Dapil VI dalam rangka reses untuk menjemput aspirasi masyarakat.

Irfan Amran cukup bangga dengan penuh bijak menerima usulan, saran dari masyarakat kecamatan Matur untuk diperjuangan dan dipersamakan dalam peningkatan pembangunan fisik dan non fisik di kabupaten Agam. “Yang jelas kita sudah menerima keinginan, usulah termasuk kendala yang dihadapi masyarakat di Dapil VI terutama di kecamatan Matur,” katanya.

***



Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di www.DutaMetro.com