Ticker

6/recent/ticker-posts














6/Sumatera Barat/hot-posts



Olahraga

6/Olahraga/hot-posts

Facebook


Sumatera Barat


Hot Widget

recent/hot-posts

"Ikan Lele Asap Memiliki Aroma Mengundang Selera" Ada di Batang Lingkin-Pasbar || dutametro

Posted by: On August 04, 2021



Pasaman Barat,dutametro.com.--Lele asap merupakan salah satu menu yang banyak dicari pengemar rasanya khas disukai banyak orang tanpa membadakan pria maupun wanita mulai dari anak kecil, muda sampai yang tua. 


Salah satu teknologi pengolahan ikan lele yang dapat meningkatkan nilai ekonomis serta daya tahan ikan lele dengan cara pengasapan.


Hal itu telah dilakukan, Riko (27 ) bertempat tinggal di belakang pasar Batang Lingkin, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, dimana usaha ikan lele asap tersebut sudah dilakukannya selama tiga tahun.


"Usaha ikan lele asap ini saya lakukan sudah tiga tahun lamanya, adapun tempat penjualannya saya pergi setiap hari-hari pasar dan dua kali dalam satu minggu. Terkadang ada juga yang datang membeli ketempat lokasi usaha saya,"kata Riko warga Batang Lingkin kepada midia ini, Rabu (4/8/2021).


Ia mengatakan, dalam penjualan ikan lele asap tersebut terkadang habis dan terkadang banyak yang tinggal pada saat sekarang ini. Sebelumnya ikan lele segar dibeli 1 ton untuk di asap dengan selama satu minggu habis terjual. Sekarang cuman 700 kilo yang di asap, satu minggu itu masih banyak yang tersisa.


"Anggota yang membelah sama mengasapi berjumlah 7 orang. 5 orang untuk membelah 2 orang untuk mengasapinya. Untuk ikan asap ini di jual seharga 80 ribu perkilo,"katanya


Meskipun demikian, kata Riko, Ia tetap selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam sehari-hari, apalagi saat pandemi covid-19 yang tengah melanda sekarang sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat.


Sementar itu, Riko menjelaskan, Proses pengasapan ikan lele ini. Sebelum melakukan pengasapan, ikan lele ini terlebih dahulu di belah mulai dari ekor hingga kepala dan terbentuk sebuah sayap dan dibersihkan.


Lanjutnya, Setelah itu semua baru diletakan ketempat pengasapan dengan cara diletakan secara rapi ditempat tersebut. Tentu dalam pengasapan tersebut apinya tidak terlalu besar dan ikan yang mau diasapi diletakan cukup dekat dengan sumber asap yang di asilkan dari pembakaran itu.


"Bahan bakar pengasapan ikan lele ini dari kayu sama sabut kelapa sedangkan lama proses pengasapan dilakukan selama dua hari, dan dengan seperti itu sehingga dapat mengasilkan rasa aroma dan warna daging ikan lele yang khas,"jelas Riko mengakhiri. (Izal)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »