Bupati H Benny Utama SH MM tegaskan Seluruh Aparatur Sipil Harus Mampu Memahami Tugas Dan Fungsinya || dutametro



Lubuk Sikaping, dutametro.com - Forum Wali Nagari (Forwana) se -Kabupaten Pasaman melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Tahun 2021, yang diikuti sebanyak 37 orang wali nagari.Kegiatan rapat kerja ini dilaksanakan pada 3 - 5 Agustus 2021 di hotel Grand Bunda Bukittinggi dan turut hadir sebagai nara sumber Kapolres Pasaman AKBP Dedi Nur Andriansyah, Dandim 0305/ Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, Kajari Pasaman Fitri Zulfahmi, dan Kepala Dinas DPM Pasaman Alim Bazar.



"Nagari merupakan “Etalase” dan garda terdepan pemerintahan. Kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama kita di pemerintahan,"ujar Bupati Pasaman H.Benny Utama  SH MM saat membuka Rapat Kerja tersebut (4/8/2021)



Bupati H Benny Utama SH MM juga menambahkan Nagari sebagai garda terdepan atau unit terendah pemerintahan akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah Kabupaten Pasaman, dari masyarakat yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan dan kedamaian.



“Saudara Wali Nagari pasti merasakan bagaimana masyarakat kita menuntut agar mereka bisa mendapat kan berbagai bantuan yang disalurkan oleh pemerintah di tengah pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, seluruh aparatur pada setiap jenjang pemerintahan di Kabupaten Pasaman harus mampu memahami tugas dan fungsinya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Pasaman umumnya dan khusus di Pasaman umumnya, dan khusus di nagari dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan konsepsi pelaksanaan pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam dokumen APB Nagari,” ungkap Benny Utama.



Menurut Bupati Pasaman, segenap aparatur di kabupaten Pasaman harus lebih berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan dan pembangunan, terutama sebagai pemimpin di nagari, Wali Nagari harus berani membuat impian.



“Fungsi impian seorang pemimpin adalah kompas yang bisa menjadi petunjuk arah dan memacu motivasi. Contoh saja Wali Nagari mempunyai mimpi besar menjadikan Nagarinya terbaik dan berprestasi tingkat nasional. Mimpi jangan disimpan dalam pikiran, tetapi buatlah perencanaan untuk mencapai mimpi tersebut,” terang Benny Utama.



Ada visi dan misi, ada rencana aksi, dan kerjasama antara Wali Nagari dan ketua badan musyawarah nagari untuk mencapai mimpi mewujudkan nagari terbaik, dalam pelayanan tingkat nasional. “Visi, misi dan sasaran yang sama akan memunculkan kepercayaan dalam bekerjasama, kemudian  komunikasi akan muncul dengan baik, yang akhirnya tujuan yang diharapkan bersama akan tercapai. Dan saya yakin para aparatur di kabupaten pasaman selama ini telah bekerja keras untuk menjadikan kabupaten pasaman yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” tambahnya.



Benny Utama berpesan, dengan rakor ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi kita bersama di Kabupaten Pasaman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.



Untuk itu, Bupati meminta kepada Wali Nagari agar senantiasa menjaga kondusifitas nagari sebaik baik nya dengan tetap memegang teguh seluruh peraturan yang berlaku, jalin koordinasi dan komunikasi sebaik-baiknya dengan semua elemen yang ada di nagari.



“Wali Nagari harus tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan nagari, tepat waktu, dalam penyampaian laporan lainnya. Dalam pemberhentian dan pengangkatan perangkat nagari juga harus memperhatikan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.



Sementara itu, Kepala DPM Pasaman Alim Bazar menyebutkan, pelaksanaan rakor ini, merupakan salah satu program Forwana (Forum Wali Nagari) kabupaten pasaman dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan program pemerintah daerah yang dilaksanakan di nagari mengevaluasi serta membenahi target pembangunan yang belum dicapai.



Maksud dan tujuan pelaksanaan Rakernis ini kata Alim Bazar adalah, mengevaluasi penyelenggaraan organisasi Forwana kabupaten pasaman telah berjalan mulai dari pelaksanaan sampai kepada hasil-hasil yang telah dicapai.



“Kegiatan ini juga membahas segala permasalahan yang timbul selama Forwana terbentuk dan kedepan nya. Menciptakan hubungan yang harmonis diantara sesama anggota Forwana dalam rangka pelaksana an pembangunan di nagari. Serta membahas langkah-langkah selanjutnya untuk rencana/Program di masa yang akan datang demi perbaikan forwana Pasaman ke depannya,” tutupnya.(Fajri)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat datang di www.DutaMetro.com,