Ticker

6/recent/ticker-posts

Anggota Satgas TMMD Regtas Ke 111 kodim 1202/Singkawang Ajari Anak Anak Permainan Tradisional

 



BENGKAYANG - Keberadaan Gadget, atau kemudahan menggunakan android serta kemudahan mendapatkan jaringan internet, banyak membuat anak anak ini tak henti menggunakan Android, untuk melakukan permainan serta penggunaan aplikasi aplikasi yang ada di Handphone Android Sabtu (10/07).


Untuk mengalihkan perhatian dari Pesona Android, para personil TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 111 Kodim 1202/Singkawang ini mengajak anak anak di Desa Sentangau Jaya Jalan Trans Segorong Kecamatan Seluas Kab Bengkayang, membuat permainan tradisional yang berasal dari pelepah pisang.


Sebelumnya anak anak ini bersama personil Satgas TMMD ke 111 mencari pelepah pisang di kebun milik warga dan kemudian, mereka membersihkan dari daun pisang yang masih menempel sebelum di bentuk menjadi permainan.


"Kami saat senggang sengaja mengajak anak anak ini untuk bermain bersama untuk melakukan permainan tradisional, karena saat ini kebanyakan anak anak tidak mengenal membuat permainan sendiri, karena lebih pada permainan game online," Ungkap Salah satu Personil TMMD Regtas Ke 111, Serda Dhika. 


Dijelaskan juga oleh Serda Dhika, bahwa dengan bermain bersama dengan permainan tradisional ini juga untuk menangkal permainan game online dari layar Handphone mereka apalagi ditengah pandemi Covid 19 anak anak ini sangat sering menggunakan android.


"Ini sangat berbahaya jika kita tidak melakukan pengalihan permainan, bukan berarti untuk mereka meninggalkan Handphone Android mereka karena harus belajar online, namun dengan bermain tradisional akan dapat membuat anak anak ini bisa menjalin kebersamaan dan juga kekompakan serta lebih dekat antara temannya," Tambah Serda Dhika.


Selain itu, Tim Satgas Yang lain juga mengingatkan bahwa dengan adanya belajar daring atau belajar sistem online ini jika tidak dilakukan pendampingan oleh Orang tua juga berdampak tidak baik, karena anak anak ini bisa saja membuka aplikasi lain yang membahayakan cara berfikir anak.


"Karena didalam Android itu terdapat banyak aplikasi yang bisa membahayakan anak anak, sehingga pendampingan orang tua sangatlah berarti bagi perkembangan anak," tambah Serda Dhika.


Dengan permainan tradisional bersama Satgas TMMD ini, anak anak sangat merasa senang, karena jarang sekali mereka bermain dan berkumpul dengan temannya apalagi ditengah pandemi Covid 19 ini.


"Kami jarang sekali bermain seperti ini, apalagi bermain dengan membuat permainan sendiri, kami bisa membuat permainan ini setelah diajarkan pak tentara," kata Aldo salah satu anak di Desa Sentangau Jaya.(Pendim 1202/Skw)

Post a Comment

0 Comments