Ticker

6/recent/ticker-posts

Merajut Persatuan Dan Kesatuan Bangsa, Korem 132/Tadulako Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat || dutametro

 


dutametro.com. -

Dengan diawali lagu Indonesia Raya, Komsos Dengan Komponen Masyarakat Korem 132/Tadulako berlangsung, kegiatan Komsos dengan komponen masyarakat bertempat di Gedung Baruga, Desa Kalimago, Kecamatan. Lore Timur, Napu, Kabupaten Poso, jum’at (11/6/2021). mengambil Tema “ Merajut Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”.


Hadir dalam kegiatan komsos tersebut, Danrem 132/Tdl Brigejen TNI Farid Makruf, M A diwakili oleh Kasiter Kasrem 132/Tdl, Kolonel Inf H. Rahman T Leho, M.Si., Camat Lore Timur diwakili oleh Kabid Data, Ibu Hj. Asna Dg. Leba, S.Sos, Pasi Binwanwil Siterrem 132/Tdl, Mayor Inf Djoko Purwantono Hadi, Pasiter Dim 1307/Ps, Kapten Czi Moh Basir, Danramil 1307-10/Napu, Kapten Inf Yusuf Tedeu, Kapolsek Lore Utara, diwakili Kanit Sabara, Ampu Lembang, Kades Kalimago, Januar, S.Sos, Todat, H. Toumbo,  Toga, Yohanes Maroka, Tokoh Budaya, K. Tendea, Tokoh Politik, Simon Sukhi, Tokoh Mahasiswa/Pelajar, Anjel dan Undangan lainnya.


Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, M A dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasiter Kasrem 132/Tdl Kolonel Inf H. Rahman T. Leho, M.Si., menyampaikan “ mengawali sambutan ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan Ridho-nya kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan lahir maupun batin, sehingga pada hari ini kita dapat hadir bersama dalam   acara   komsos   bersama  komponen masyarakat di Desa Kalimago, dalam keadaan sehat wal’afiat, ”


“Perlu kita pahami bersama bahwa sinergitas antara berbagai komponen bangsa yang ada di wilayah Korem 132/Tdl, ini merupakan modal yang kuat dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan. Kita sebagai warga negara Indonesia harus tetap memperkokoh persatuan dan kesatuan, dan saling bahu membahu di masa Pandemi ini." Ujanya.


Lanjut, Terkait faham radikalisme yang saat ini mulai nampak lagi, Danrem meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk aktif dalam memberikan pemahaman kepada orang-orang terdekat tentang bahayanya paham radikalisme dan yang paling utama adalah tentang wawasan kebangsaan.


"Mari kita cegah faham radikalisme dengan memahami ideologi Pancasila sebagai salah satu ideologi yang di anut oleh Bangsa Indonesia sebagai Dasar Negara. Mari kita siapkan masa depan warga di wilayah Korem 132/Tdl dengan tetap menghormati pandangan diantara kita semua untuk membangun negeri memperkokoh persatuan dan kesatuan."  pungkasnya.


Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Lore Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kanit Sabara, Ampu Lembang menyampaikan beberapa hal terkait pemahaman ideologi Pancasila dan terorisme, yang mana menurutnya bahwa Ideologi Pancasila harus tetap dipertahankan tidak bisa dirubah oleh pemahaman lainnya, apalagi yang menyangkut dengan radikalisme dan Terorisme. Oleh karena itu saya meminta kepada seluruh masyarakat baik individu maupun kelompok untuk bersinergi. Dalam upaya pencegahan masuknya paham-paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Dan sayapun menegaskan bahwa Negara akan terus melakukan pencegahan terhadap radikalisasi dan  terorisme. Ucpanya.


Selain Kapolres, Camat Lore Timur yang diwakili oleh Kabid Data, Ibu Hj. Asna Dg. Leba, S.Sos juga berkesempatan memberikan sambutan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Korem 132/Tdl yang telah melaksanakan kegiatan ini karena baru pertama kali kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kalimago, Kecamatan. Lore Timur, Napu.


Di sela-sela kegiatan Kasiter Kasrem 132/Tdl, Kolonel Inf H. Rahman T Leho, M.Si. juga memberikan materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Building yang mana isi materi, yaitu berkaitan  dengan  Perkembangan Lingkungan Strategis terkait acaman global, regional dan Nasional dan permasalahan Idiologi saat ini.


Sebagai harapan kita bersama, Pendidikan yang Berkualitas, mari kita  merajut persatuan dan kesatuan bangsa. Yang pada intinya saya berharap agar semua  elemen masyarakat bersatu, bergotong royong  terus bersinergi dan membangun tali silaturahmi untuk memperkokoh persatuan bangsa. Membangun Negeri Indonesia Yang kita Cintai.


Selanjutnya, Pasi Binwanwil Siterrem 132/Tdl, Mayor Inf Djoko Purwantono Hadi juga memberikan materi tentang Pancasila Sebagai Falsafah Bangsa dan Ideologi Negara.


Beberapa peserta memberikan tanggapan pada saat sesi tanya jawab yang mengapresiasi kegiatan Komsos dengan aparat pemerintah yang diselenggarakan Korem 132/Tdl.


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.


Sebelum kegiatan komunikasi sosial tersebut ditutup, Kasiter Kasrem 132/Tadulako Kolonel Inf H. Rahman T Leho, M.Si menyerahkan Cinderamata, 200 paket sembako dan juga tali asih secara simbolis kepada 4 Perwakilan Keluarga Korban Pok MIT dan masyarakat Desa Kalimago. (Penrem_132)

Post a Comment

0 Comments