Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati H Benny Utama SH MM Membuka Pencanangan BBGRM Dan Bulan Bakti Dasawisma Tahun 2021 || dutametro

 



Lubuk Sikaping,dutametro.com-Sebagai upaya untuk meningkatkan kembali kebiasaan gotong royong di masyarakat, Bupati Pasaman H.Benny Utama di dampingi Wakil Bupati Sabar AS lakukan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Bulan Bakti Dasawisma Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Pasaman .Pelaksanaan Pencanangan BBGRM dan Bulan Bakti Dasawisma Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Pasaman ini dipusatkan di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari, Kamis (25/3/2021).

Ketua TP PKK Pasaman, Ny Susi Benny Utama mengatakan, Dasawisma adalah garda terdepan PKK yang terdiri dari kelompok Ibu-ibu dari 10 Kepala Keluarga atau lebih yang bertetangga yang dibentuk dalam rangka mempermudah jalannya suatu program pengumpulan dana, data kuisioner serta tata tertib administrasi.

*Kegiatan utama Dasawisma diarahkan pada usaha peningkatan kesehatan keluarga, arisan PKK, pembuatan jamban, sumur pengembangan dana sehat, pengobatan penyakit ringan dan memvangun sarana pembuangan sampah dan kotoran, ujarnya.

Dengan pencanangan BBGRM dan bulan bakti Dasawisma, diharapkan semua Dasawisma di Pasaman yang berjumlah 2.436 dapat menjalankan program dengan baik dalam rangka menciptakan ketahanan keluarga. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan dalam mendukung program-program pemerintah.

Sementara itu, Bupati Pasaman H. Benny Utama saat membuka kegiatan mengatakan, pencanangan BBGRM dan Bulan Bakti Dasawisma tingkat Kabupaten Pasaman ini merupakan tindak lanjut program atau kegiatan Tim Penggerak PKK baik dari tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini, kata Benny Utama, bertujuan untuk menggelorakan terus menerus semangat dan motivasi kerja bagi pengurus dasawisma dan juga dalam rangka melestarikan jiwa semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat, dimana nilai dan gotong royong ini salah datu aset dan jati diri masyarakat Indonesia umumnya dan khususnya kita masyarakat Pasaman.

"Dasawisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dan strategis, dalam melaksanakan dan menyukseskan 10 Program pokok PKK di nagari yang pada akhirnya berpengaruh pada pencapaian program kegiatan Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan maupun kabupaten,” ungkapnya. Kata Benny, kelompok Dasawisma juga merupakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan tim penggerak PKK baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Melalui tema pencanangan tahun, mari kita jadikan momen bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan kebersamaan, tentu upaya penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan, termasuk vaksinasi,” tambah Benny Utama.

Selain itu kata Bupati, pencanangan yang kita selenggarakan ini juga mengingatkan betapa pentingnya gotong royong bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Peran dan fungsi PKK juga dibutuhkan dalam mendorong dan membangun masyarakat, mulai dari tingkat dasa wisma sampai ke tingkat kabupaten .

“Peran PKK saat ini dangat penting, terutama saat menghadapi Pandemi covid-19 ini. Begitu pula kegotong-royongan, sangat penting untuk menghadapi penyebaran penyakit akibat virus corona dan belum ada obatnya ini. Baik dari sisi ekonomi keluarga maupun dari sisi kekompakan untuk menekan penyebaran virus corona,” katanya.

Bupati Benny Utama juga mengajak, dengan pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan BBGRM ini, mari kita jadikan sebagai pendongkrak dalam mengatasi stunting di Kabupaten Pasaman.(Fajri)



Post a Comment

0 Comments