Ticker

6/recent/ticker-posts

Wujud Kebersamaan TNI Dengan Rakyat, Babinsa Koramil Sanggau Ledo Dampingi Peternakan Sapi

 


Bengkayang, Jum'at (28/5/21) Babinsa Koramil 02/Sanggau Ledo, Kodim 1202/Singkawang melaksanakan kegiatan pendampingan Peternakan Sapi di Wilayah Koramil Sanggau Ledo.


Program pemerintah pusat dalam hal ketahanan pangan khususnya peternakan membuat Babinsa Koramil 02/Sgl Serda Zetendra, berinisiatif memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada warga binaanya Bapak Nico yang sedang memeilhara sapi jenis aberden angus. 


Serda Zetendra mengatakan, program ketahanan khususnya ternak sapi selain pertanian harus terus ditingkatkan karena kebutuhan daging sapi dan tingkat konsumsi masih tinggi, hal ini berdasarkan pada saat hari raya keagamaan baik lebaran dan natal tingkat daya beli masyarakat sangat lumayan tinggi sehingga apabila peternak di wilayah Sanggau Ledo bisa mencukupi kebutuhan sapi dan dagingnya tidak perlu lagi mendatangkan dari luar daerah lagi. Seperti kita ketahui harga daging sapi dikisaran 1 Kg Rp. 150.000 pada saat hari raya keagamaan dan Rp. 140.000 pada hari biasa, ujar Serda Zetendra.


Selanjutnya, Apabila peternak bisa melaksanakan cara berternak dengan baik, peternakan breding maupun penggemukan kebutuhan daging sapi bisa berswasembada dan harga daging bisa ditekan dengan harga yang lebih murah, pungkasnya.


Lebih lanjut, "Babinsa mengatakan peternak sapi baik breding maupun penggemukan itu sebenarnya mudah tidak sesulit yang dibayangkan kuncinya hanya kedisiplinan saja, seperti pemberian pakan, obat obatan dan suplemen vitamin harus sesuai dengan jadwalnya yang sudah ditentukan masing masing peternak," terang Serda Zetendra.


"Dari segi kandang juga harus di perhatikan kebersihan, 

kesehatan dan kenyamanan sehingga sapi tidak stres kalau sudah terintegrasi dengan baik peternakan sapi akan sukses dan menjadi sumber pendapatan bagi peternak dan upaya pemerintah dalam hal ketahanan pangan bisa terwujud," tutupnya.

(Pendim 1202/Skw)

Post a Comment

0 Comments