Ticker

6/recent/ticker-posts

Nagari Koto Baru Akan Menjadi Pusat Perlombaan Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021 || dutametro





Pasaman Barat-, dutametro.com. -Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Akan menjadi pusat perlombaan gerakan PKK tingkat Provinsi  Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021. 


Hal Tersebut disampaikan Ketua TP PKK Pasbar Ny Titi Hamsuardi dalam Kegiatan Silaturahmi dan persiapan lomba, di Aula rumah dinas bupati setempat, Selasa (25/5/2021).


Ketua TP PKK Pasaman Barat Ny Titi Hamsuardi mengatakan, lomba Gerakan PKK tahun 2021 ini akan digelar berbeda dari tahun sebelumnya, karena menyesuaikan dengan masih merebaknya penyebaran Covid-19. Dimana perlombaan akan dipusatkan di satu nagari saja, berbeda dengan  tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan dibeberapa nagari. 


"Tahun ini perlombaan hanya terfokus pada satu nagari saja yang meliputi lima kategori yaitu, Bidang Sekretariat (Tertib Administrasi PKK) yang terpusat di kantor Wali Nagari Koto Baru, Pokja I (Pola Asuh Anak Di Era Digital) berpusat di Ophir Barat,  Pokja IV (PKK Gagah Bencana) yang terpusat di Ophir Barat, Pokja II (UP2K)  dan pokja III (Aku Hatinya PKK) yang terpusat di jorong Mahakarya,"katanya.


Dalam 1 bulan terakhir, Lanjutnya, Ny Titi Hamsuardi beserta pengurus Tim Penggerak PKK di tingkat kabupaten, kecamatan, telah melakukan pembinaan kepada nagari untuk memenuhi dokumen persyaratan lomba. Seperti pembuatan video lima kategori dan dokumen input, proses dan output. 


"Di sini PKK hanya berfungsi sebagai tim penggerak karena sejatinya 10 program PKK itu ada pada OPD OPD yang terlibat langsung dengan PKK seperti Pokja I, yang berkaitan dengan Kemenag dan BNK. Pokja II yang berkaitan erat dengan Dinas Pendidikan, Koperindag, Dinas Penanaman Modal. Pokja III yang berkaitan dengan Dinas Perkim, Dinas Pertanian, dinas ketahanan pangan, dinas lingkungan hidup. dan Pokja IV berkaitan dengan Dinas Kesehatan, DPPKBP3A. Dan kita tau bersama bahwa secara kelembagaan PKK berada pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari dan setiap kegiatan PKK perlu dipublikasikan yang dibantu oleh Dinas Kominfo,"katanya.


Sehubungan dengan itu, lanjut Titi Hamsuardi, dalam penyelenggaraan lomba kegiatan pada Senin 31 Mei 2021 mendatang, Ia selaku ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat meminta dukungan kepala OPD, baik itu dukungan moril maupun materil. 


"Yang paling utama sekali kesiapan dari Nagari Koto Baru untuk mewakili Kabupaten Pasaman Barat, karena Nagari Koto Baru sebagai tuan rumah kegiatan ini. namun kita menyadari bahwa sejak tahun 2020 sampai tahun 2021 ini OPD mengalami pemotongan anggaran atau refocusing, sehingga rangkaian kegiatan-kegiatan PKK perlu dukungan OPD, kecamatan dan pemerintah nagari,"ujarnya.


Terdapat lima titik lokasi perlombaan, jelasnya, salah satunya kantor wali nagari untuk acara pembukaan dan lomba tertib administrasi PKK, dan empat titik lokasi lainnya. Di setiap titik lokasi perlombaan nagari perlu mempersiapkan sarana cuci tangan pakai sabun, infokus dan laptop untuk penanyangan video perkategori. 


"Karena saat ini masih di tengah wabah Covid-19, untuk itu diharapkan selama kegiatan kita harus menerapkan 5 m yaitu : memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi berkerumun dan mengurangi mobilisasi. Agar kegiatan ini tidak terlalu ramai, hanya yang berkepentingan saja yang hadir di lokasi. Camat dan Ketua TP PKK kecamatan untuk hal ini bertugas membantu nagari dalam mengkoordinir kelancaran kegiatan,"ujar Titi Hamsuardi.

Post a Comment

0 Comments