Ticker

6/recent/ticker-posts

Musim Kemarau Tiba , Warga Purwodadi Grobogan Beli Air Sumur || dutametro






Grobogan , dutametro.com. - Memasuki musim kemarau, warga Dusun Pulogendol, Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, sudah tiga pekan ini membeli air sumur. Hal itu seperti diungkap Juharti, warga Dusun Pulogendol.


"Sudah sekitar dua minggu ini warga di Desa Nambuhan, mulai membeli air bersih yang kita gunakan untuk minum, mandi dan keperluan lainnya. Di tengah pandemi Covid-19 ini, beban warga bertambah, yakni harus mengeluarkan uang untuk membeli air bersih," ungkap Juharti, Jumat (14/05/2021).


Disebutkan oleh Juharti, harga air bersih di desanya bervariasi. Tergantung dengan jarak dekat dan jauhnya permintaan. Namun, kata Juharti, sekali beli rata-rata minimal warga harus mengeluarkan uang Rp 50 ribu untuk kebutuhan satu pekan.


"Sejak sekitar satu setengah bulan lalu, hujan tidak turun di desa kami. Dampaknya, sudah sekitar tiga pekan ini sumur warga mulai kering. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kita harus membeli dari sumur warga luar desa yang masih ada sumbernya," jelas Juharti.


Tidak turunnya hujan yang menandai awal musim kemarau di wilayah itu, juga membuat khawatir para petani setempat gagal panen. Pasalnya,  tanaman padi yang saat ini mulai berbulir memerlukan pasokan air yang cukup. Namun sawah mereka kondisinya kini kering. Mereka khawatir tanam padinya akan mengalami puso atau gagal panen.


(Tatang S)

Post a Comment

0 Comments