Ticker

6/recent/ticker-posts

Antisipasi Banjir di SBJ , Pemkab Solsel Normalisasi Batang Pangian || dutametro






Solsel, dutametro.com --- Guna mengantisipasi banjir yang sering terjadi di Sungai Kunyit, Sangir Balai Janggo, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bakal melakukan normalisasi batang pangian yang sering meluap di musim hujan.



Hal ini diungkapkan Bupati Solok Selatan Khairunas dalam tim safari ramadhannya di Masjid Baiturahman, Jorong Taratak Sungai Sungkai Kec. Sangir Balai Janggo, Rabu (5/5/2021).



"Setelah lebaran nanti, pemkab akan mengerjakan normalisasi batang pangian.Kemudian kita minta juga pihak PTPN VI untuk tidak menanam sawit di kiri dan kanan sungai guna membantu kelancaran normalisasi nantinya," ungkap Khairunas.



Khairunas juga meminta dukungan dari semua pihak agar visi dan misi yang telah ia susun nanti dapat terealisasi di tengah-tengah masyarakat.



Salah satu program yang disampaikannya adalah bagaimana masyarakat Solok Selatan bisa lebih terlayani kesehatannya dengan asuransi BPJS Kesehatan



"Saat ini lebih kurang 32 ribu masyarakat kita di Solok Selatan belum masuk atau belum tercover dalam BPJS Kesehatan. Ini yang coba kita rumuskan dalam program kita beberapa tahun ini," terangnya



Bupati juga meminta masyarakat untuk tidak abai terhadap wabah Covid yang kembali merebak dan bersedia untuk divaksin.



"Banyak yang tidak percaya Covid itu ada. Tapi yakinlah, wabah itu benar adanya. Lebih baik kita mencegahnya, dan salah satu usaha tersebut adalah melalui vaksinasi," ajak Bupati yang pada malam itu hadir bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Fidel Efendi beserta OPD lainnya.



Malam itu, Khairunas juga bercerita tentang masa lalunya yang banyak dilewatinya di Sungai Sungkai dan Sungai Kunyit, Sangir Balai Janggo. Termasuk beberapa proses pemekaran kecamatan dan nagari yang ia juga terlibat langsung didalamnya



Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga Pj. Wali Nagari Sungai Kunyit Rusli Dt Rangkayo Basa menyampaikan kesalutannya dengan bupati, dimana walau baru 11 hari dilantik, namun sudah 2 kali hadir di Nagari Sungai Kunyit. 



"Pertama ketika memberikan bantuan banjir dan peninjauan Batang Pangian, dan yang kedua beliau hadir pada malam hari ini dalam Tim Safari Ramadhan (TSR) kabupaten," ujarnya.



Rusli juga menyampaikan harapan masyarakat terkait peningkatan jalan di Jorong Mercu menuju Sungai Sungkai, serta terealisasinya ruas jalan nasional Sungai Rumbai ke Solok Selatan melalui Sungai Kunyit, SBJ.



Turut hadir Asisten Pemerintahan Dr. Fidel Efendi, sejumlah OPD, Ketua Baznas, Forkopincam, dan tokoh masyarakat. Siraman rohani pada TSR tersebut disampaikan oleh Ust. Salamat, S.HI. (Met)

Post a Comment

0 Comments