Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim Safari Ramadhan Sampaikan Program Pemko Sawahlunto dan Serap aspirasi Masyarakat || dutametro





Sawahlunto,dutametro.com. -Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Pemerintah Kota Sawahlunto membentuk Tim Safari Ramadhan yang khusus menyambangi Masjid masjid di Kota Sawahlunto.


Tim yang dibentuk sejumlah 17 Tim itu,  mulai dari Hari Kamis (15/4) - Sabtu (17/4) untuk menyambangi 51 Masjid di 27 Desa dan 10  Kelurahan yang ada di Kota Sawahlunto.

Terkhusus Tim V (lima), menyambangi Masjid Nurul Yakin Desa Lunto Barat, Masjid Baitun Nur Desa Pasar Kubang dan Masjid Ar Rahman di Desa Lunto Timur.


Tujuan dibentuknya Tim Safari Ramadhan adalah :

1. Menjalin Silaturahmi antara Pemerintah Kota Sawahlunto dengan masyarakat. 2. Menyampaikan Informasi tentang Program Pembangunan Kota, baik yang belum dilaksanakan maupun yang sudah dilaksanakan.

3. Meningkatkan Pengajian melalui ceramah agama yang disampaikan oleh Afridelson,S,HI Mubaligh dari Tim Safari Ramadhan Kota Sawahlunto yang juga sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talawi.

4. Menjemput Aspirasi Masyarakat.


Usai Sholat Tarawih di Masjid Nurul Yakin Desa Lunto Barat, masyarakat diberi kesempatan untuk sesi tanya jawab :

Yandre, menanyakan masaalah Anggota PKH yang tidak bisa menerima bantuan BAZNas.

Hamadi, berharap adanya bantuan dari pemerintah tentang pakaian gratis untuk Madrasah.

Yodra, Menyampaikan tentang pelayanan di RSUD agak menurun dan juga tentang pendidikan dimasa Pandemi Covid 19 mohon di evaluasi serta tentang sampah yang seminggu sekali diangkat sehingga terjadi adanya masyarakat yang membuang sampah sembarangan kesungai.


Menjawab segala pertanyaan yang disampaikan oleh masyarakat Desa Lunto Barat, Ketua Tim V Safari Ramadhan DR,Abdul Mubin,ST,SH,MH yang juga sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sawahlunto mengatakan semua aspirasi masyarakat kita tampung dan kita bahas dalam Rapat di Pemerintahan Kota Sawahlunto. Terkait tentang pembangunan, masyarakat bisa langsung menyampaikannya kepada perwakilannya yakni Anggota DPRD  yang ada dalam Tim ini mewakili Daerah pemilihan Kecamatan Lembah Segar, Tutur Abdul Mubin.


Menjawab pertanyaan tentang BAZNas, Famil Umri,SE sebagai Wakil Ketua BAZNas mengatakan, untuk kelancaran proses penyaluran dana Zakat sebaiknya Desa/Kelurahan agar membentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang beranggotakan minimal 5 orang.

Rata rata dana Zakat yang masuk ke BAZNas berkisar Rp 180 juta - Rp 200 juta perbulan, yang mana penyalurannya per tiga bulan sekali dan Famil juga berharap agar dana BAZNas lebih terakomodir lagi semua guru tingkat SLTA yang ada di Kota Sawahlunto dapat dikelola langsung oleh BAZNas Kota Sawahlunto.


Alamsyah tokoh masyarakat Desa Lunto Timur, usai Sholat Tarawih menyampaikan aspirasinya kepada Tim V Safari Ramadhan, dia memohon bantuan kepada Pemerintah Kota Sawahlunto untuk membantu honor guru yayasan pondok pesantren Ababil yang berjumlah 31 orang dengan murid 139 orang, sedangkan guru yang PNS hanya 4 orang.

Mendengar permohonan itu Halomoan,SH yang juga sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto langsung spontan menjawab, dengan adanya penerimaan guru yang akan datang diupayakan untuk menempatkan dua orang guru lagi di Pondok Pesantren Ababil, ungkap Halomoan.


Tim V Safari Ramadhan Kota Sawahlunto terdiri dari : DR,Abdul Mubin, ST, SH, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sawahlunto sebagai Ketua Tim , Reflizal Anggota DPRD kota Sawahlunto (Wk Ketua) , Adepron,SH Anggota DPRD Kota Sawahlunto (Anggota), Halomoan,SH Kepala Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto (Anggota), Famil Umri Wakil Ketua BAZNas Kota Sawahlunto (Anggota), Afridelson Kepala KUA Kecamatan Talawi (Mubaligh), Ardi Arifin, S,Sos Kasubag ADM Umum dan Kepegawaian Dinas Perhubungan Kota Sawahlunto (Sekretaris Tim) dan Muchtar WS dari Wartawan Duta Metro Kota Sawahlunto.


Perjalanan Tim V Safari Ramadhan ke Masjid masjid berjalan Aman dan lancar.

Masing masing Masjid,  Tim Safari Ramadhan menyerahkan bantuan Dana Rp 7,5 Juta dan satu (1) lembar kain sarung untuk Garim Masjid.  (An)

Post a Comment

0 Comments