Ticker

6/recent/ticker-posts

Satlantas Polres Pasaman Barat Amankan Sebanyak 14 unit Kendaraan Roda Dua || dutametro






Pasaman Barat,-,dutametro.com. -Sebanyak 14 unit kendaraan bermotor roda 2 (dua) diamankan Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Pasaman Barat.


Terjaringnya 14 unit kendaraan itu di sepanjang jalan lintas Pujorahayu - Plasma, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (20/4/2021), sore.


"Operasi tersebut dilaksanakan karena adanya informasi dari masyarakat terkait aksi kebut-kebutan dan balapan liar oleh sejumlah oknum dan remaja menjelang waktu berbuka puasa. Dan sangat membahayakan para pengguna jalan yang melintas menjelang waktu buka puasa,"ujar Kapolres Pasaman Barat, AKBP. Sugeng Hariadi, S.IK melalui Kasat Lantas, Iptu. Indra Kusuma, SH diwakili oleh Kanit Tujawali, Ipda Heddy Permana Putra, S.Tr.K, (21/4/2021)


Heddy Permana mengatakan, menanggapi laporan dari masyarakat tersebut, personil Satlantas Polres Pasbar langsung menuju lokasi, dan berhasil mengamankan sebanyak 14 unit kendaraan bermotor roda 2 (dua) yang tidak sesuai dengan kelengkapannya.


Sebanyak 14 unit kendaraan bermotor yang terjaring dalam Operasi tersebut, belum dapat dipastikan memiliki surat-surat atau tidak. Sehingga kami melakukan penindakan terhadap oknum atau para remaja yang diduga melakukan aksi balap liar dan oknum yang kendaraan bermotornya memakai knalpot racing.


"Kita melakukan penindakan terhadap oknum atau remaja yang diduga melakukan aksi balap liar dan oknum yang kendaraan bermotornya memakai knalpot racing,"terangnya


Heddy menjelaskan, dari hasil operasi tersebut, untuk sanksi para pengendara yang melakukan pelanggaran, kita akan melakukan penahanan kendaraan bermotor sampai yang bersangkutan melengkapi surat-surat kepemilikan kendaraan bermotor seperti,  SIM, STNK dan Kelengkapan sepeda motor sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). 


Selanjutnya, berkas tilang akan dikirimkan ke Kejaksaan Negeri Pasaman Barat dan akan ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


"Untuk knalpot racing kita akan melakukan penyitaan dan pemusnahan. Selanjutya, berkas tilang akan dikirim ke Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, untuk ditindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,"jelasnya.


Ipda Heddy Permana Putra menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mematuhi aturan lalu lintas, dan melengkapi surat-surat serta kelengkapan kendaraan bermotor.


"Khususnya kepada para generasi muda untuk dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat selama bulan suci ramadhan 1442 H dan jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain, tetaplah menjadi Pelopor Keselamatan dalam berlalu lintas,"Pungkasnya

Post a Comment

0 Comments