Ticker

6/recent/ticker-posts

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin resmikan RSOMH Bukitringgi

 





Bukittinggi,,dutametro.com

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan Rumah Sakit Otak Muhammad Hatta (RSOMH') Bukittinggin.yang ditandai penanda tanganan Prasati  bertempat di halamaan RSOMH Jumat 9/04.


Peresmian RSOMH selain dihadiri Menyeri Kesehatan juga Gubernur Sumatera Barat.Anak Bung Hatta walikota Bukittinggi dan Forkopimda Bukittinggi.



Direktur Utama RSOMH Bukittinggi Dr.M.Alsen Arlan.SpB.KED.MAR 

mengatakan,Rumah Sakit ini mempunyai sejarah panjang dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Berawal pada tahun 1976 didirikan RS Imanuel oleh yayasan Baptis dengan ±60 tempat tidur yang melayani Kebidanan, Bedah dan Penyakit Dalam


Pada tahun 1982 ditetapkan menjadi Rumah Sakit Umum Pusat Bukittinggi sebagai Rumah Sakit Vertikal Tipe C Unit Pelayanan Teknis dengan 4 pelayanan  dasar  


Melihat banyaknya kasus stroke di Sumatera Barat dan atas perjuangan tokoh masyarakat serta perantau minang maka  pada tahun 2002  Rumah Sakit Umum Pusat Bukittinggi berubah nama menjadi Pusat Pengembangan Penanggulangan Stroke Nasional Bukittinggi .ujar Dirut RSOMH



Kemudian Tahun 2005 Pusat Pengembangan Penanggulangan Stroke Nasional Bukittinggi berubah nama menjadi Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi dengan layananya adalah  Pelayanan Stroke dan Bedah Syaraf 


Tahun 2019 Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi ditetapkan sebagai   Rumah Sakit Otak melalui Permenkes Nomor 76 Tahun 2019. Dalam rangka mengenang dan melanjutkan semangat perjuangan Bung Hatta maka ditetapkanlah Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi menjadi  RS. Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi


Lebih lanjut dr.Alsen Arlan mengatakan, RS. Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi telah terakreditasi paripurna oleh komisi akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan telah ditetapkan sebagai unit kerja yang mememuhi persyaratan WBK ( Wilayah bebas dari korupsi)


"Saat ini RS Otak DR. Drs. M. Hatta Bukittinggi  memiliki 142 tempat tidur dengan Sumber Daya manusia yang Profesional dan Kompeten dibidangnya masing-masing dan siap memberikan pelayanan sepenuh hati "kata Alsen


Layanan unggulan yang dimiliki adalah:

Pelayanan Code Stroke atau penanganan Stroke dengan metode trombolisis di IGD

Pelayanan bedah Syaraf dengan alat-alat yang canggih kamar operasi

Neuro intervensi dengan alat Cathlab Biplan untuk neuro intervensi dan kardiointervensi

Pemeriksaan Stroke Check Up dan Medical Check Up untuk mendeteksi penyebab dan resiko penyakit stroke dan neurovaskuler lainnya.

Neuro restorasi / Neuro rehabilitasi dan Health tourism.   

Neuro restorasi / Neuro rehabilitasi merupakan pelayanan rehabilitasi untuk pasien-pasien paska stroke yang mengalami gejala sisa.


Sementara itu Menteri Kesehatan RI Budi Gunandi Sadikin mengatakan, dengan mulai beroperai RSOMH ini tentu tidak saja melayani Pasien dari Sumbar  tetapi juga pasien dari Luar Sumbar karena fasilitas sudah  lemgkap.


"Saya terharu dengan perkembangan RSOMH ini dan tentu lebih meningkatkan pelayanan lagi, apalagi RSOMH ini berada di kota yang sejuk dan pamandangan yang Indah" ujar Menteri Kesehatan.


Lebih lanjut Rudi Gunadi Sadikin  menjelaskan karena RSOMH ini membawa nama terkenal di dunia tentu RS ini akan lebih terkenal dimasa datang di Indonesia.


Menyinggung Vaksinasi covid 19, Menkes Rudi Gunadi Sadikin menjelaskan sampai saat ini Masyarakat yang telah di vaksinasi 9  juta lebih sedangkan suntikannya sendiri sudah 13 juta orang merupakan  nomor 4 di Dunia luar dari Negara yang memproduksi vaksin.


"Lansia agar segera di vaksin karena rentan terkena  covid 19 sehingga tidak bisa menular."harap Menkes RI.( Yas )

Post a Comment

0 Comments