Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto,SH Ucapkan Selamat ke SR Untuk Memimpin Ketua Harian Pucuk Adat Alam Minangkabau || dutametro





DHARMASRAYA ,dutametro.com. - Orang nomor satu di DPRD Dharmasraya yang juga politisi PDI-P Pariyanto SH,  mengucapkan  selamat kepada Bupati Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang dipercaya untuk memimpin ketua harian Pucuk adat alam Minangkabau di Kerajaan Pagaruyung. 


"Selamat dan kita yakin Sutan Riska mampu mengemban amanah ini,  untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat Minangkabau di Sumatera Barat, " jelasnya. 


Kata Pariyanto,  Sutan Riska Tuanku Kerajaan selain sebagai pimpinan daerah Kabupaten Dharmasraya, beliau saat ini sekretaris PDI-P DPD Sumatra barat, juga sebagai raja di Koto Besar dan layak memang kalau beliau dipercaya untuk memimpin pucuk adat Alam Minangkabau.  


"Keinginan Sutan Riska untuk membangun rumah adat Minangkabau terbesar di Sumatera Barat juga selaras dengan ia memimpin pucuk adat alam Minangkabau.  Kita dari DPRD Dharmasraya,  siap selalu berkolaborasi untuk mengembangkan adat istiadat Minangkabau di Sumatera Barat khususnya Dharmasraya, " jelasnya. 


Dikatakan politisi senior ,  untuk mendukung pengembangan adat istiadat Minangkabau,  di Dharmasraya,  pemerintah telah menganggarkan pembangunan dan perehaban rumah gadang di setiap Nagari dan pimpinan adat juga mendapatkan insentif dari pemerintah. 


"Program ini akan terus kita dukung dan suport, " tegasnya. 


Diketahui sebelum nya dimana Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara pertemuan seluruh Raja Raja di Pagaruyung. Acara ini diadakan di Istana Silindung Bulan Pagaruyung Darul Qorror, Minggu, (4/04/2021). Acara pertemuan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar Raja se-Pagaruyung sebelum menjelang bulan suci Ramadan. Dengan diadakan acara ini, hubungan antar raja raja dapat terjalin dengan baik dan bisa mempererat hubungan kekeluargaan. Dalam acara tersebut,  Sutan Riska Tuanku Kerajaan terpilih sebagai ketua harian pucuk adat alam Minangkabau. 


Raja Pagaruyung, H. Sutan Farid Tayib bahwa kegiatan ini adalah awal silaturahmi yang direncanakan dahulu. Tapi karena terhalang pandemi, maka baru hari ini dapat terlaksana. 


"Kita berharap kegiatan jalinan silaturahmi ini, dapat terus kita lakukan setiap tiga bulan sekali. Sehingga hubungan kita dapat terus terjalin dengan baik, dan dapat mempererat silaturahmi kita antar raja raja di Istana Pagaruyung, " harap Raja Pagaruyung. 


Bupati Dharmasraya mengucapkan terima kasih atas undangannya,  dalam acara pertemuan silaturahmi sebelum bulan puasa. Tahun ini kata Sutan Riska, adalah tahun yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Karena pertemun kali ini terlaksana dimasa pandemi, yang mengubah tatanan kehidupan kita. 


"Walaupun kita berada dalam masa pandemi, alhamdulillah pertemuan silaturahmi ini dpaat terlaksana. Sehingga hubungan kekeluargaan dan dapat terus mempererat hubungan antar raja. Serta memperkuat persatuan Kerajaan Pagaruyung, " ungkap Sutan Riska. 


Kata Riska,ada beberapa hal yang menjadi pemikirannya bahwa adat, agama dan pemerintah dapat menjadi satu jika kita memiliki visi yang jelas dan menganggkat harkat dan martabat kita di kaum adat Minangkabau. Sehingga masyarakat dapat melihat dan memberikan perhatian yang baik kepada kita. 


"Alhamdulillah kita telah menunjukkan kontribusi yang baik kepada Sumatera Barat. Kita akan terus menunjukkan bahwa kita mampu memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat kita khususnya, dan masyarakat Sumatera Barat umumnya, " ungkap Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 


Dengan adanya pertemuan ini, Riska berharap dapat terbentuk wadah di Sumatera Barat untuk seluruh raja raja yang ada di Pagaruyung agar dapat terus menjalin keakraban, kekeluargaan dan hubungan silaturahim yang baik. Dan diharapkan wadah tersebut dapat terbentuk dengan baik, dan akan terlaksana secepatnya sehingga dapat memberikan kontribusi bagi Sumatera Barat. 


"Dengan adanya wadah ini maka kita akan memperlihatkan kepada dunia luar, bahwa Minangkabau memiliki sesuatu yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Yaitu adat yang kita miliki saat ini, sehingga sesua

Post a Comment

0 Comments