Ticker

6/recent/ticker-posts

Diskominfo Solsel Laksanakan Bimtek Penyajian Data Statistik Sektoral 2021 || dutametro


Bimtek yang digelar Kominfo Solok Selatan dibuka langsung oleh Plh Bupati Solsel Doni Rahmat Samulo. 



Solsel, dutametro.com --- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solok Selatan (Solsel) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyajian data statistik sektoral 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMD dan Instansi vertikal.



Plt. Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Solsel, Afriwilna mengatakan bimtek tersebut dilakukan dalam upaya menghimpun data sektoral ditiap OPD, nantinya disajikan dalam bentuk buku Daerah Dalam Angka (DDA) 2021.



Dia mengatakan, kegiatan Bimtek itu dilaksanakan pada Rabu (14/4/2021) di Ummi Kalsum dengan jumlah 41 instansi yang terdiri dari OPD, BUMD dan Instansi vertikal.



"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempercepat pengumpulan data sektoral di masing-masing OPD dan dari produsen data dalam mengisi data sektoral menuju satu data. Supaya tercapainya data statistik sektoral yang berkualitas dan akurat," kata Afriwilna, Kamis (15/4/2021).



Dia menyebutkan, sesuai saran dari Plh. Bupati Solsel Doni Rahmat Samulo sudah saatnya OPD membuat sumber data terpusat yang ditangani oleh satu orang personil ditiap OPD dan tersimpan dalam satu sistem aplikasi.



"Jadi pak Bupati menginginkan data OPD harus valid dan terpusat sehingga memudahkan dalam menampilkan data sektoral," tuturnya.



Terpisah, Plh Bupati Solsel Doni Rahmat Samulo mengatakan melalui Diskominfo sebagai wali data di Solsel supaya terus mengawasi data sektoral pada masing-masing OPD, bekerjasama dengan BPS dan Bappeda.



"Sejatinya penyusunan data statistik diperlukan adanya sinkronisasi antar OPD agar menjadi pedoman dalam penyusunan data sektoral. Tertuang bdalam Perpres Nomor 39 tahun 2019," ucapnya.



Kegiatan Bimtek penyajian data statistik sektoral menghadirkan narasumber BPS Sumbar dan BPS Solsel. (Met)

Post a Comment

0 Comments