Ticker

6/recent/ticker-posts

Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto , Desa Pertama Deklarasikan STBM Di Provinsi Sumbar || dutametro





Sawahlunto,-dutametro.com.-Dilaksanakannya STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ), merupakan pendekatan untuk merubah perilaku Higiene dan Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan dan  Launching Rumah Gizi, di gelar di Lapangan futsal Dusun Padang Melintang, Desa Santur Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto pada Kamis (1/4).

Giat ditandai dengan pelepasan balon oleh Camat Barangin, Subandi Arpan, SH.


Dalam sambutannya Subandi Arpan,SH yang Notabene juga sebagai Wartawan senior di Kota Arang Sawahlunto menyampaikan, untuk bisa terlaksananya Launching kegiatan ini ada enam (6) kriteria Prinsip dari STBM yakni ; Tanpa Subsidi, Tidak Menggurui, Tidak memaksa, Masyarakat sebagai pemimpin, Totalitas dan Seluruh masyarakat terlibat didalamnya.

Disamping itu dari Data hasil Verifikasi STBM, Lima (5) Pilar STBM sebelum Launching harus mencapai target 100% yaitu : " Pilar pertama (1) Stop Buang Air Besar Sembarangan, Pilar ke dua (2) Mengelola Limbah Cair Rumah Tangga yang Aman, Pilar ke Tiga (3) Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pilar ke Empat (4) Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pilar ke Lima (5) Pengelolaan Sampah dengan benar." 





Untuk kegiatan seperti ini, "Desa Santur merupakan terbilang memenuhi kriteria tentang 5 Pilar STBM yang mencapai Target 100 %, sehingga Desa Santur merupakan Desa yang pertama, di Provinsi Sumatera Barat yang  melakukan deklarasi STBM," tutur Subandi Arpan.


Kegiatan yang dihadiri oleh unsur  Forkopimcam Barangin, Pimpinan Kampus Sungai Durian, KUA Kecamatan Barangin, pimpinan Puskesmas, para Kades dan Lurah serta Ketua LPM, BPD,  TP PKK Kecamatan,TP PKK Desa, para Kepala Dusun, para Kader, Pendamping desa dan tokoh masyarakat itu  berjalan dengan lancar dan Aman.


Camat Kecamatan Barangin Subandi Arpan,  sangat Apresiasi dengan Kegiatan Deklarasi STBM Lima Pilar ini karena hal ini merupakan pertanda kesiapan kita. Apa lagi hal yang menyangkut Kesehatan, adalah Harta kita yang paling utama, pungkas Camat Subandi Arpan. (An)

Post a Comment

0 Comments