Ticker

6/recent/ticker-posts

Alzar Syah Putra Resmi Sandang Gelar Gelar Datuk Basa Suku Melayu || dutametro





Dharmasraya , dutametro.com. - Suku Malayu Nagari Gunung Medan saat ini dipimpin oleh seorang anak muda yang energik, yakni Alzar Syah Putra. Alzar diberikan gelar Datuk Basa. Pemberian gelar ini dilaksanakan saat pengangkatan gelar Datuk Basa untuk Alzar, yang diadakan di Rumah Gadang 5 Datuk Basa. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Ninik Mamak, Bundo Kandung Suku Malayu serta sanak famili dan cucung ponakan, Rabu, (07/04/2021). 


Alzar dipercayakan untuk memakai gelar adat Datuk Basa, agar dapat memimpin Suku Malayu. 


Saat dikonfirmasi kepada urang tuo Suku Malayu, Asur mengatakan bahwa gelar Datuk Basa Suku Malayu resmi telah disandang oleh Alzar Syah Putra. 


"Kami sebagai urang tuo telah sepakat dengan Ninik mamak di Suku Malayu untuk menyerahkan pucuk pimpinan tersebut kepada Alzar, " Ungkap urang tuo Suku Malayu. 


Asur yakin dan percaya, bahwa Alzar akan mampu membawa Suku Malayu lebih baik lagi. "Harapan kami beliau bisa adil dengan seluruh cucung ponakan, dan Suku Malayu akan lebih baik lagi kedepannya. Dibawah tangan dingin dari Alzar," Harapnya lagi. 


Diketahui bahwa di Nagari Gunung Medan ini ada 6 suku. Masing-masing suku ada pemimpinnya, pertama Datuak Basa Suku, Datuak Sinaro Suku Tigo Nini, Datuak Lipati Suku Tigo Nini, Datuak Majo Indo Suku Piliang, Datuak Manaro Suku Patapang , dan Datuak Simarajo Suku Piliang. 


Sedangkan menurut Alzar Syah Putra Dt Basa, bahwa dirinya sebagai anak muda tentu akan masih banyak belajar tentang adat istiadat yang dipakai di Nagari Gunung Medan khusus untuk Suku Malayu. 


"Insaallah saya diberi amanah cukup berat ini, maka akan saya jalankan sesuai Arahan Ninik mamak Bundo Kandung. Dan saya akan lebih banyak belajar lagi tentang adat istiadat Minangkabau terutama adat istiadat yang ada di Nagari saya ini," Tekad Alzar. (Rafi)

Post a Comment

1 Comments

  1. Berdasarkan berita di atas,pengangkatan alzar saputra,sebagai pejabat datuak basa pada hari rabu pada 7 April 2021 tidak sesuai dengan aturan adat minangkabau. bahwa pengangkatan alzar syahputra tersebut tidak di sepakati oleh kaum suku malayu,dan pengangkatan alzar syahputra tersebut hanya di hadiri oleh 2 orang niniak mamak yaitu:
    1. Husin Datuak lipati
    2. Zainal abidin Datuak piduko samajo
    Dan 2 orang manti yaitu:
    1. Rajab manti Dt .piduko samajo
    2. Dasrol manti Dt. Lipati
    Bahwa pengangkatan alzar syahputra tsb sangat janggal dan terkesan dipaksakan.
    Dan Kami selaku anggota kaum suku malayu Dt.Basa tidak menerima dan tidak menyetujui tentang pengangakatan alzar syahputra dan tidak sah karena sudah keluar dari koridor adat nan kawi syarak nan lazim menurut hukum adat minang kabau.
    Pertanda kaum suku melayu Dt. Basa gunung medan.

    ReplyDelete