Ticker

6/recent/ticker-posts

UMSB Sediakan Beasiswa Sekolah Ulama

Padang,dutametro - UM adalah singkatan dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat sesuai dengan statuta baru yang disahkan oleh PP Muhammadiyah tahun 2020. 

Dengan terbitnya statuta yang baru ini maka tidak ada lagi penyebutan UMSB, tetapi diganti dengan UM Sumbar.

Seiring dengan pergantian sebutan ini UM SUMBAR juga melakukan terobosan baru dalam bentuk program pembinaan SDM kader persyerikatan yaitu beasiswa Program Sekolah Kader Muhammadiyah UM SUMBAR (PASKAMU- UM SUMBAR) Ma’had Haroen El Ma’any. 

Program ini berfokus pada pembinaan untuk menghasilkan SDM keulamaan, ke- Muhammadiyah-an, dan kemasyarakatan dengan visi mewujudkan Kader Muhammadiyah bertipikal ulama cum ilmuwan.

Program ini akan lunching awal tahun akademik 2021-2022 di Kampus Utama UM SUMBAR Jl. Pasir Kandang No 4 Koto Tangah Padang khusus mahasiswi/Mahasantri dengan kuota beasiswa 30 orang. Beasiswa dimaksud meliputi uang pendaftaran, uang SPP, uang hunian Universitas Residence (UNIRES). Rekruitmen calon mahasantri melalui seleksi persyaraikatan di PDM dan PDA sesumatera Barat, ORTOM Muhammadiyah dan seleksi umum PMB online.

Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Utama UM SUMBAR Jl. Pasir Kandang No 4 Padang dengan lama pendidikan 8 semester (4 tahun). PBM dilaksanakan dalam bentuk kuliah tatap muka sejalan dengan perkuliahan tatap muka S.1 di kampus Utama UM SUMBAR Jl. Pasir Kandang No. 4 Koto Tangah Padang. Materi Pembelajaran terdiri dari bahasa Arab, Dirasah Islamiyah, Bahasa Inggris, ekstrakurikuler (Tapak Suci, Ke-IMM-an, Korp Mubaligh, dan Ilmu Falak), Life Skill, dan softskill berbasis IT.

UM SUMBAR menargetkan program ini melahirkan kader persyarikatan yang bertipikal ulama cum ilmuwan. UM SUMBAR terus berupaya meningkatkan pengabdian bagi persyarikatan dengan cara melakukan pembinaan kader di internal dan memberikan layanan publik bagi masyarakat serta menyiapkan ulama masa depan. Dibukanya program sekolah kader ini mengindikasikan UM SUMBAR berupaya makin mengukuhkan identitas lulusan berbasis keulamaan. 

Hal ini sekaligus menunjukan bahwa UM SUMBAR sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah konsen pada sinergitas Islam dengan ilmu pengetahuan sebagai wujud implementasi nilai Al-Islam ke-Muhammadiyah-an.

Pengelolaan program ini diamanahkan oleh Rektor kepada Lembaga Pengkajian Al-Islam Ke- Muhammadiyah-an (LPIM) UM SUMBAR. LPIM adalah salah satu lembaga di UM Sumbar yang bertugas melakukan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyah-an Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa. 

PASKAMU ini merupakan salah satu jalur yang ditempuh oleh LPIM untuk pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyah-an Mahasiswa (AIK Mahasiswa), sekaligus pengabdian kepada persyarikatan Muhammadiyah. 

LPIM atas pertimbangan Rektor memilih nama untuk program ini Ma’had Haroen El Ma’any adalah dilatarbelakangi oleh ketokohan Haroen El Ma’any. Beliau adalah tokoh Muhammadiyah Sumatera Barat ber homebase di Muhammadiyah Center Kauman Padang panjang. 

Pemilihan nama ini sudah mendapat persetujuan Badan Pembina Harian (BPH) UM SUMBAR melalui surat resmi. BPH sebagai pembina utama program Al-Islam Kemuhammadiyah-an di UM SUMBAR selalu memberikan motivasi, arahan dan bimingan kepada LPIM sebagai pengelola program ini.

Rektor UM SUMBAR Dr. Riki Saputra, M.A bersama pengurus LPIM Dr. Ahamd Lahmi, M.A (Ketua) Syamsurizal, M.A (Sekretaris) Hendri Novigator, S.Psi.I (Anggota) dibawah koordinasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat telah melakukan pertemuan konsolidasi dengan PimpinanDaerah Muhammadiyah (PDM) se- Sumatera Barat pada hari sabtu tanggal 6 Maret 2021 di Hall Convention Prof. Yunahar Ilyas, Lc, M.A Kampus III UM SUMBAR di Aur Kuning Bukittinggi untuk persiapan rekruitmen calon mahasantri tahun ini. 

Ini Hal ini dilakukan karena UM Sumbar memandang bahwa peranan PDM dalam program ini sangat vital. UM Sumbar selain berkoordinasi dengan pimpinan persyarikatan juga meminta peranan aktif alumni UM SUMBAR yang tergabung dalam IKATAN ALUMNI UM SUMBAR peridoe 2020-2024 ( IA - UM SUMBAR 2020-2024).

Post a Comment

0 Comments