Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebelum masuk Ramadhan Umat Islam Sikakap Gotong Royong Bersihkan Kuburan || dutametro





Mentawai,dutametro.com. --Budaya membersihkan kuburan sebelum masuk bulan Suci Ramadhan tetap dijaga dan dilaksankan oleh umat Islam di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Propinsi Sumatera Barat, Gotong Royong membersihkan kuburan umat islam dilakukan hari Minggu (21/3/2021).


Ketua Badan Syiar Islam (BSI) Pagai Utara Selatan) Budi Wiharjo, menyebutkan, Gotong Royong membersihkan kuburan sebelum masuk bulan suci Ramadhan merupakan salah satu cara umat Islam dalam menjaga silahturahmi di Desa Sikakap. 


Bagi umat Islam yang tidak bisa hadir mereka menyumbang konsumsi seperti roti dan air mineral.


salah satunya saling berkerjasama dalam hal membersihkan, kuburan umat Islam di Desa Sikakap ada dua tempat pertama di belakang musholla Nurul Ihsan Sikakap, dan  kedua di Dusun Mabolak.


Selain untuk menjaga silahturahmi antar umat muslim, biasanya sebelum masuk bulan suci Ramadhan Umat Islam ada keluarganya yang sudah meninggal dunia akan melakukan kegiatan tabur bunga limau ke kuburan keluarganya yang telah meninggal dunia.


Kalau kuburan bersih para peziarah tidak kesulitan melakukan kegiatan tabur bunga limau di kuburan keluarganya, ungkapnya.


Poskamla Sikakap Peltu Dwi Wahyono, mengatakan, menjaga semangat gotong royong berarti kita ikut menjaga kesatuan Republik Indonesia.


Kalau persatuan kokoh maka rakyat berdaulat dan saling bekerja sama dalam bidang apa saja yang bersifat sosial.


"Mari sama-sama kita menjaga kesatuan dan persatuan supaya masyarakat hidup aman dan tentram, bila ada masalah mari kita selesaikan dengan cara bermusyawarah," tegasnya.sl

Post a Comment

0 Comments