Ticker

6/recent/ticker-posts

KUD Lubuk Ulang Aling Sudah Lima Tahun Tidak Lakukan RAT || dutametro





Solsel, dutametro.com .-- Koperasi Unit Desa (KUD) Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kab. Solok Selatan sudah lima tahun tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT)



Hal ini disampaikan oleh sejumlah anggota koperasi termasuk pendiri koperasi Mahyudin kepada Awak Media dikediamnya Sei Aro, Selasa (2/3/2021)



"Koperasi yang mengurus sarang walet, Waserba dan simpan pinjam itu sudah harus berbenah," harap Mahyudin



Mahyudin menggatakan, sebenarnya saya sudah lama tidak berkecimpung  didalam tubuh koperasi, namun melihat amburadulnya adminisrasi Koperasi saya kecewa.



"Saya sangat kecewa karena koperasi ini merupakan penopang ekonomi keluarga bagi anggota dan juga masa depan mereka," ungkapnya.



Mahyudin mempertanyakan Kenapa Pemda tidak ada memberikan pembinaan terhadap koperasi ini. kami sudah pernah melayangkan surat kepada pemda melalui Dinas Koperindag. menurut dinas Koperindag waktu itu, tahun 2020 akan dilakukan RAT tetapi sampai kini sudah 2021 belum juga terlaksana.



 "Pengembang biakan burung walet juga tidak ada, dari 1,3 Ton panen sarang walet, menurun hingga 400 kg setiap kali panen." kesalnya



Surat laporan pengaduan ini sudah masuk sejak tahun 2020 lalu, surat yang kami kirim itu kepada Dinas Koperindag, Kejari dan Kapolres, berisikan indikasi penyalahgunaan wewenang dan penyelewengan.



Isi surat itu berupa koperasi tidak pernah melakukan RAT semenjak tahun 2016, sebagai anggota kami tidak pernah lagi mendapatkan pinjaman dari usaha simpan pinjam dari koperasi tersebut, koperasi tidak pernah melaporkan keuntungan dari unit usaha sarang walet goa gasing yang hasil panenya per 3 bulan lebih kurang 400 kg.



Kabid Koperasi UKM Dinas Koperindag Azizah Mutia, saat dikonfirmasi Media dikantornya, Selasa (2/3) membenarkan hal ini, menurut Mutia pihaknya sebagai perpanjangan tangan dan selaku pengawasan koperasi mengakui ada polemik ditubuh koperasi Lubuk Ulang Aling.



Sebagai pembina dan pengawas. permasalahan didalam oragnisasi kami tidak bisa ikut campur, hanya saja dalam permasalahan RAT yang tak kunjung dilakukan, Dinas Koperindag sudah pangil pengurus koperasi tersebut.



Pengurus koperasi KUD Lubuk Ulang Aling itu sangat koperatif, sehingga mereka dalam laporan kepada Dinas Koperindag segera akan melakukan RAT.



"Meraka dalam bulan Maret ini akan melakukan RAT," ucap Azizah.



Dalam agenda RAT nanti, dikarenakan kepengurusan lama sudah habis masa jabatanya, kami sarankan agar ada perobakan kepengurusan. (Met)

Post a Comment

0 Comments