Ticker

6/recent/ticker-posts

Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Bersilaturahmi dengan LKAAM Se Pasbar || dutametro





Pasaman Barat,-,dutametro.com. - Bupati Pasaman Barat dan Wakil Bupati Risnawanto, bersilaturahmi dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) se Pasbar, yang dilaksanakan di Balerong Daulat Yang Dipertuan Parit Batu Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Sabtu (20/3/2021).


Bupati Hamsuardi, dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Ninik mamak setempat yang telah menyambut baik dirinya beserta rombongan. Ucapan terima kasih juga disampaikanya kepada unsur adat yang ada di Pasbar yang telah memberikan dukungan, sehingga pasangan kepala daerah tersebut bisa memimpin Pasbar.


Ia menyebutkan bahwa LKAAM memiliki arti sangat besar di Pasbar, yang mana di lembaga inilah berkumpulnya tokoh adat serta menyelesaikan berbagai persoalan adat sesuai dengan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.


Ia berharap kepada semua masyarakat Pasbar yang disebutkan dalam adat dunsanak. Sesuai dengan falsafah alam Minangkabau yang datang, sekarang harus dipatuhi dengan dima bumi dipijak disitu langik dijunjuang.


Dirinya juga berharap, dukungan yang diberikan oleh seluruh tokoh dan pemangku adat tersebut akan bisa membawa kemajuan untuk Kabupaten Pasaman Barat yang lebih baik kedepannya.


“Kami siap menerima apa yang di kritik atau petatah petitih dari unsur Ninik mamak yang sifatnya membangun. Kami sangat mendukung keadilan lembaga adat ini. Karena di Kabupaten Pasbar memiliki banyak suku seperti Minang, Mandailing,dan Jawa mereka saling terikat tidak bisa dipisahkan,”ucapnya.


Ia menyampaikan kepada semuanya bahwa telah dimulai tim harmonisasi antara pemerintahan dengan masyarakat. Untuk mengatasi persoalan tanah yang sering terjadi di Pasbar, baik antar masyarakat, masyarakat dengan perusahaan yang menganggu ketertiban dan keamanan maupun yang menyebabkan perpecahan di tengah masyarakat. 


“Untuk itu kami tidak mampu mentelaah kasus persoalan tanah ini lagi, maka dibentuklah tim harmonisasi dengan lembaga adat, Dandim, dan polisi. Kepada tokoh adat supaya bisa menjadi penyambung pemerintah dalam menyelesaikan permasalah tanah ulayat,”kata Hamsuardi


Dalam kegiatan tersebut juga digelar makan bersama dengan prosesi adat. Karena dalam kesempatan juga hadir Ketua LKAAM Tuanku Jailani AD.SM.M.AK Daulat yang Dipertuan Parit Batu dan Sekretaris LKAAM Tuanku H. Asrul SE. MH yang dipertuan kinali beserta seluruh anggota LKAAM, Ninik Mamak, Pucuk adat dan seluruh Tokoh Pemangku Adat Kabupaten Pasbar lainnya.

Post a Comment

0 Comments