Ticker

6/recent/ticker-posts

Basnaz Kabupaten Solok Tingkatkan Upaya Pendampingan Pemberdayaan Ekonomi || dutametro


H.Elyunus pengurus zakat


Arosuka, dutametro.com – BAZNAS Kabupaten Solok maju selangkah lagi. Jika selama ini mengelola zakat dari Muzaqqi (pemberi zakat) yang disalurkan untuk Mustahiq (penerima zakat) namun sudah berupaya pendampingan pemberdayaan ekonomi. Menurut H.Elyunus salah seorang pengurusnya, atas penyaluran dari BAZNAS Kabupaten Solok, sekarang yang dikelola anggota penerima di Pondok Pesantren Jabal Rahmah sudah panen 1 X 6 bulan sapi pedaging. “BAZNAS Kabupaten Solok melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program pendampingan, bertempat di Pondok Pesantren Jabal Rahmah senilai Rp.100 juta. Lalu diusahakan lewat BAZNAS Propinsi Rp150 juta, Alhamdulilah sudah menghasilkan dan ini sebagai pilot projek”,ucap Elyunus Selasa, (2/3/21) di Arosuka.

Adalah pola pendampingan ini, zakat yang diberikan kepada mereka, lalu mereka dikelompokkan, untuk mudah diberikan pendampingan. “Karena kita bekerjasama dengan Dinas Perikanan, Peternakan dan Dinas Pertanian, untuk mendampingi para penerima (zakat), agar mudah dalam bimbingan tekhnis”,ucap Ketua MUI Kabupaten Solok yang juga Notaris ini.  

Kemudian, dengan angin segar perkembangan usaha pendampingan ini, niscaya BAZNAS Kabupaten Solok juga telah mengupayakan ke BAZNAS pusat di program tahun 2021 ini untuk melebarkan ke tempat lain. Seperti yang juga sudah dikelola pada pesantren Syekh Mukhsin Sirukam, Jabal Rahmah serta di Koto Anau.

RTHL Jelang Puasa Kelar

Khusus program BAZNAS Kabupaten Solok sekaitan Rumah Tidak Layak Huni (RTHL) sudah selesai sebanyak 26 unit. Direncanakan jelang bulan puasa ini selesai pada 74 Nagari yang tersebar di Kabupaten Solok. Karena keaktifan lainnya, niscaya ada penambahan di Sulit Air dan Koto Baru. “Ini merupakan program kemanusiaan, Insya Allah jelang puasa ini bakal kelar, karena prosesnya sudah berlangsung dan mendekati penyelesaian”,tukuknya. (yas)

Post a Comment

0 Comments