Ticker

6/recent/ticker-posts

Viral di Media Sosial Semburan Uap PT Supreme Energy Muara Labuh Berikan Klarifikasi || dutametro


Site Support Manager PT SEML Yulnofrins Napilus berikan klarifikasi ke awak media.



Solsel, dutametro.com --  Viral di Media Sosial (Medsos) semburan uap beracun, PT. Supreme Energy Muaro Labuh (SEML) berikan klarifikasi.



Site Support Manager Yulnofrins Napilus mengatakan, uap yang disemburkan merupakan uap air dari proses pengolahan geothermal dan memang sengaja dirancang otomatis, untuk pengamanan bila terjadi kelebihan jumlah uap yang dialirkan keturbin, sehingga menyebabkan keluarnya semburan uap.



"Itu merupakan proses operasi yang normal dan biasa, bukan insiden yang tidak diinginkan." jelas Nofrins.



Yulnofrins juga menegaskan bahwa semburan uap yang terjadi di areal perusahaan pembangkit listrik yang sempat viral bebera waktu lalu itu tidak beracun dan tidak mudah terbakar.



"Semburan uap air biasa dan tidak mengandung gas beracun ataupun mengandung gas yang mudah terbakar," tegas Nofrins.



Hal itu disampaikan ketika jumpa pers dengan awak media di PT. Supreme Energy, Senin (22/2/2021)



Yulnofrin juga mengatakan, semburan uap tersebut sesuai dengan skenario desain dimana kelebihan uap dalam sistem, dikeluarkan ke udara terbuka melalui cerobong besar (AFT-Atmospheric flash Tenk)



Kemudian Nofrin menambahkan bahwa proses terjadinya uap tersebut yakni dari pengeboran dengan lebar tiga puluh centimeter pada kedalaman 2-3 km atau sampai didapatkan suhu panas 240 derajat Celcius yang memanaskan air yang meresap sehingga tercipta uap yang dialirkan ke turbin pembangkit listrik, ungkapnya.



Ringkasnya, semburan otomatis ini memang sengaja dirancang untuk bekerja secara otomatis sebagai pengaman sistem keseluruhan bila terjadi kelebihan jumlah uap yang seharusnya dialirkan ke turbin," jelasnya.(Met)

Post a Comment

0 Comments