Ticker

6/recent/ticker-posts

Untuk Meningkatkan PAD dan Percepatan Laporan , Koperindag Launching E Retribusi Pasar || dutametro





Batusangkar ,dutametro.com. -Demi menindaklanjuti Nota Kesepahanam (MoU) antara Pemda Tanah Datar dengan Bank Pembangunan Daerah Pusat yang telah ditandatangani oleh Bupati Tanah Datar dan Dirut BPD Sumbar beberapa waktu lalu, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Koperindag dengan BPD Cabang Batusangkar, pihak Dinas Koperindag launching program E-Retribusi Pasar.

Launching E-Retribusi Pasar yang dilaksanakan pada hari Kamis (04/21) di Pasar Batusangkar ini, selain langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Koperindag Darfizal juga dihadiri oleh Direktur Bank BPD Cabang Batusangkar Oktra Firdaus, Kabag Perekonomian Setda Tanah Datar Masni Yuletri, Dishub, Pol PP, dan BKD Tanah Datar serta beberapa instansi lainnya.

Disela – sela kegiatan melaunching E-Retribusi Pasar, Kadis Koperindag Darfizal mengatakan bahwa program ini dilaksanakan berawal dari MoU antara Pemda Tanah Datar yang ditindaklanjuti dengan PKS antara BPD Cabang Batusangkar.




Dikatakannya beberapa yang ingin dicapai dari diluncurkannya program E-Retribusi Pasar ini adalah untuk meningatkan PAD, mempercepat laporan keuangan daerah serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi anggaran daerah.

“Sebelumnya, untuk memungut retribusi pasar kami memang menggunakan karcis sebagai alat bukti pembayaran. Namun pada saat ini kita dituntut bekerja lebih cepat dan transparan, sehingga program E-Retribusi ini kami nilai lebih pas untuk menjawab tantangan kerja saat ini, sebab lebih cepat dalam penyampaian laporan keuangan karena sudah terkoneksi langsung dengan kas daerah, disamping juga bisa lebih meningkatkan pelayanan serta menjawab tantangan dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik,” jelas Darfizal.

Sementara Kepala BPD Cabang Batusangkar Oktra Firdaus mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam program digitalisasi percepatan pengingkatan PAD.

“Kami selalu mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan PAD dan tata kelola pemerintahan yang baik, dan salah satunya adalah  dengan adanya MoU dengan Pemda Tanah Datar dan kami menindaklanjutinya dengan beberapa buah PKS terhadap beberapa dinas, diantaranya Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar terkait dengan pelaksanaan E-retribusinya pasar, Dispora dengan E-tiket Istano Pagaruyung, Dishub dengan program E-Pengujian Kendaraan Bermotor atau KIR, Dinas Pertanian dengan E-Retribusi dan selanjutnya untuk peningkatan PAD tentang Pajak Makan dan Minum dengan Badan Keuangan Daerah,” ujar Oktra Firdaus yang biasa dipanggil pak Tora ini.

Lebih lanjut Tora menyampaikan bahwa dari beberapa kegiatan itu, pada bulan Februari ini pihaknya akan melaksanakan 2 kegiatan yang pertama E-Retribusi Pasar dengan Koperindag dan selanjutnya adalah Pajak Makan dan Minum dengan BKD Tanah Datar.

“Tujuan utamanya tidak saja pada peningkatan PAD, tetapi bagaimana PAD itu bisa terukur sehingga nantinya kita bisa memprediksi secara tepat bagaimana hasil PAD kita pada tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Dilain pihak Kabag Perekonomian Setda Tanah Datar Masni Yuletri menerangkan bahwa E-Retribusi Pasar ini merupakan turunan dari MoU yang sudah dibuat oleh Bagian Perekonomian Setda Tanah Datar selaku koordinator dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Pusat terkait dengan perjanjian kerjasama peningkatan dan pengembangan digitalisasi ekonomi daerah, yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat sehingga bisa lebih efektif, efisien dan ekonomis.

“Setelah MoU dibuat kami tindaklanjuti dengan 6 (enam) PKS dan salah satu diantaranya tentang E- Retribusi Pasar, nah bagi perekonomian daerah tentu ini sangat diharapkan bisa meningkatkan PAD dan berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” tuturnya. (hp)

Post a Comment

0 Comments