Ticker

6/recent/ticker-posts

Sebanyak 840 Tenaga Kesehatan Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sudah divaksin Covid-19 Tahap Pertama || dutametro


Lahmuddin Siregar kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai lagi disuntik vaksin Covid 19 (dok Lahmuddin Siregar)


Mentawai-,dutametro.com. -Terhitung Jumat (19/2/2021) sebanyak 840 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah Divaksin Covid 19 tahap pertama dari 1.379 Tenaga Kesehatan yang terdaftar di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Lahmuddin Siregar, Juru Bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, mengatakan, Sabtu (20/2/2021), sejak Jumat (19/2/2021) Sudah 840 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai disuntik vaksin Covid 19, sementara jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai baik medis maupun non medis sebanyak 1.379 orang.


dari 840 orang tenaga kesehatan sudah divaksin Covid 19 yang sudah divaksin dua kali 412 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor:HK.02.02/II/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid 19 pada kelompok sasaran lansia, Komorbid, dan Penyitas Covid 19 serta sasaran tunda, menerangkan bahwa lansia umur 60 tahun sudah bisa Divaksin Covid 19 diberikan dua kali suntikan atau dosis dengan interval pemberian suntikan pertama dengan suntikan kedua 28 hari setelah suntikan pertama (0 dan 28).


Kelompok Komorbid seperti hipertensi boleh diberikan vaksin Covid 19 kecuali jika tekanan darahnya diatas 180/110 MmHg, dan pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrening.


Penderita diabetes dapat disuntikan vaksin Covid 19 sepanjang belum ada komplikasi akut, begitu juga dengan Penyitas kanker dapat tetap diberikan vaksinasi Covid 19.


Sementara Penyitas Covid 19 dapat disuntikan vaksinasi Covid 19 jika sudah lebih dari 3 bulan, sementara ibu menyusui pada SE Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor:HK.02.02/II/368/2021 boleh disuntikan vaksin Covid 19.


pendistribusian vaksinasi ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak ada masalah.


karena terjadi perubahan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi.


Dalam SK Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan nomor: 02.02/4/1/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penangulangan Covid 19 ada beberapa kelompok masyarakat tidak boleh diberikan suntikan vaksin Covid 19 seperti pasien yang Terkonfirmasi Covid 19, ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit jantung, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, penderita penyakit ginjal, penderita penyakit outoimun seperti lupus, sjogren, dan vasculitis.


Penderita reumatik autoimun, penderita penyakit saluran pencernaan kronis, penderita Penyakit tiroid, penderita penyakit kanker, kelainan darah defisiensi imun, dan penerima transfusi, penderita ISPA seperti batuk, pilek dan sesak napas, penderita diabetes melitus, penderita HIV, dan penderita penyakit paru seperti asma, dan Tuberkulosis, batas usia 18 tahun sampai 59 tahun.


dalam SE Kementerian Kesehatan Republik Indonesia nomor: HK.02.02/II/368/2021 tentang pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 pada kelompok sasaran lansia, Komorbid, dan Penyitas Covid sudah boleh disuntikan vaksin Covid 19.


Vaksin Covid 19 merupakan strategi melengkapi cara penanganan Covid 19, strategi awal 3 M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter. Sekarang berubah menjadi 5 M yakni Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 1, 5 meter, menghindari keramaian, mengurangi keluar rumah kalau tidak perlu, vaksinasi Covid 19 melindungi diri, Keluarga, dan masyarakat dari virus Covid 19, kepada masyarakat jangan takut di vaksin sebab sudah ada BPOMnya sekarang ini penyuntikan vaksinasi Covid 19 untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih tetap berjalan target Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai seluruh tenaga kesehatan sudah Divaksinasi Covid 19 di bulan februari, tuturnya.sl

Post a Comment

0 Comments