Ticker

6/recent/ticker-posts

Penangkapan Ikan Dengan Menggunakan Bahan Kimia Satu Unit Kapal KM Kasih Sayang , Diamankan Polair Polres Kepulauan Mentawai || dutametro





Mentawai, dutametro.com.-Press Release Aula Pertemuan Kapolres Mentawai Sabtu, 06/01/2021. KAPOLRES Mentawai, AJUN KOMISARIS BESAR POLISI MU’AT, S.H, M.M. Dalam Kompres Menyampaikan penangkapan kapal KM. KASIH SAYANG berlokasi di pulau Duo Mato perairan Pulau Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai pada hari kamis tanggal, 04 Februari 2021. 

Kronologis kejadian, pada saat anggota Sat.Polair Polres Kepulauan Mentawai melaksanakan Patroli rutin diperairan Pulau Sipora pada hari kamis, tanggal 04/02/2021 sekira pukul 12:30 WIB ditemukan 1 unit kapal KM. KASIH SAYANG besama 1 (satu) Orang Nahkoda  Serta 6 (Enam) Orang ABK Kapal sedang melakukan penangkapan ikan menggunakan bahan kimia dan/atau bahan peladak berupa potasium dan mesiu yang dimasukkan kedalam botol yang sudah terpasang sumbu, kemudian dibakar dan dilemparkan ke laut yang berlokasi di Pulau Dua Mato Perairan Pulau Sipora Kab.Kep. Mentawai. 

Barang bukti yang diamankan Oleh Sat.Polair adalah sbb: satu unit Kapal KM. Kasih Sayang, Sisa mesiu satu botol M 150, Botol Kosong sebanyak 39 buah, Hio untuk alat pembakar sebanyak 68 buah. Drum kosong kapasitas 220 Liter dua buah, dakor penyelam 3 buah, fiber ikan warna biru kapasitas satu ton tiga buah, hasil tangkapan ikan sebanyak 1,5 ton, kaca mata renang sebanyak tiga buah dan empat buah jaring penangkap ikan.




Dalam kejadian ini, para tersangka dikenakan pasal 84 Ayat 2 (dua) Undang-undang no.31 Tahun 2004  Jo UU Nomor: 31 Tahun 2004 Tentang perikanan. 

AJUN KOMISARIS BESAR POLISI MU’AT, S.H, M.M. memberi appresiasi kepada Kasat Polair dan Kasat Reserse Kriminal Polres Kepulauan Mentawai agar dapat mengembangkan kasus ini,  karena pelaku tidak hanya yang ada di Kapal saja tetapi masih banyak pelaku-pelaku lain termasuk nelayan-nelayan kita yang berada di Mentawai. (PM)

Post a Comment

0 Comments