Ticker

6/recent/ticker-posts

Paripurna DPRD Akhir Jabatan Bupati Gusmal Telah Selesai || dutametro





Arosuka, dutametro.com. –  Tidak berapa lama lagi, hanya dalam hitungan hari  Bupati Solok H.Gusmal, Datuak Rajo Lelo, SE, MM akan mengakhiri masa jabatannya sebagai bupati di periode kedua ini. Di penghujung masa jabatannya ini, pada Rabu, (10/2/21) bertempat di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Arosuka, meresmikan tiga mega proyek sekaligus dengan simbolis juga meresmikan pembangunan Kantor BPBD di Arosuka serta kantor Camat Talang.

“Saya selama memimpin dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan maaf kepada bapak dan ibu serta hadirin …”,demikian intisari pamit bupati.

Sebelumnya, seperti kelaziman, menjelang pemberhentian bupati sekaitan habisnya periode kepemimpinan, juga telah digelar sidang paripurna di DPRD Kabupaten Solok. Menurut Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Solok Haji Suharmen, bahwa paripurna pemberhentian Bupati Solok telah dilaksanakan 11 Januari 2021 kemarin. “Kita Kabupaten Solok termasuk cepat keempat di Sumatera Barat dalam melaksanakan Paripurna pemberhentian bupati”,ujar Suharmen.

Ditambahkannya, bahwa paripurna saat itu dengan agenda Pengumuman Pemberhentian Bupati Solok mengakhiri masa jabatan. “Karena setelah paripurna melalui surat yang diteken Ketua DPRD dikirimkan ke Gubernur, selanjutnya diteruskan ke Pusat dan menunggu SK pemberhentian sekaligus pengangkatan Plt, ini yang masih belum jelas. Saat paripurna tersebut Pak Bupati tidak hadir”,jelasnya.

Seperti di publish Kabiro Pemerintahan Pemprop.Sumbar kepada media terbitan Sumbar, lima daerah yang bersengketa dalam Pilkada—termasuk Kabupaten Solok-red—niscaya masing-masing daerah, Pemprop mengusulkan tiga nama ke pusat. Namun rumor yang beredar di kompleks perkantoran Arosuka, hanya dilanjutkan oleh Sekda saja karena menghemat biaya. Cuma kesahihan informasi ini perlu diuji petik oleh pejabat berkompeten. Sekda Aswirman saat ditanya Rabu, (10/2) di Arosuka, hanya berbalas senyum. “Itu kewenangan propinsi”,ulasnya membalas. Adapun soal tiga nama dari propinsi, nama Ir.Fathol Bari, M.Eng yang kini kepala Dinas  di propinsi dan telah senior jadi Kadis PU di Kabupaten Solok, namanya mengapung sebagai Bupati ‘tunjuk’ oleh Propinsi tersebut. Kiranya teka-teki ini terjawab pada Rabu, 17 Februari 2021 lusa.

Bersebab, sesuai amanat Bupati Gusmal saat kegiatan peresmian di THKW, selain pamit, ia pun menginformasikan, bahwa pada tanggal 17 Februari 2021 dilaksanakan pelantikan pejabat bupati di propinsi, dan tanggal 18 Februari Sertijab di Arosuka. “Tanggal 17 sudah ditetapkan siapa pengganti saya di propinsi, entah itu Plt, Plh atau Pj itu yang belum pasti, dan itu kewenangan Pemerintahan Propinsi”,akhirnya.(yas)

Post a Comment

0 Comments