Ticker

6/recent/ticker-posts

Bermodalkan Masker Berlogo TNI-Polri , NY Bawa Kabur Sepeda Motor Kawasaki dan Langsung Diciduk Satreskrim Polres Sawahlunto || dutametro




Sawahlunto,-dutametro.com.-Dalam kondisi Pandemi Covid 19 saat ini ada saja yang merusak citra Kepolisian Republik Indonesia. Pasalnya untuk melakukan aksinya NY dengan memakai masker berlogo TNI-Polri mengaku sebagai anggota Sat Reskrim Kota Sawahlunto.


Awalnya tersangka NY 33 tahun yang beralamat Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, Kamis (18/2-2021) melihat postingan Facebook H.Mulyadi (korban) di aplikasi Market Place Sijunjung perihal jual beli satu unit Sepeda Motor merk Kawasaki type LX 150 G warna Hijau tahun 2017 dengan Nomor Polisi BA 5505 GH milik H.Mulyadi panggilan AL 29 tahun yang beralamat di Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung.

Dengan menggunakan akun Facebook miliknya Refan Fablo, tersangka NY meminta untuk bertemu di BBQ 21 di Dusun Sawah Tambang Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto guna untuk melakukan transaksi jual beli, yang mana pada saat itu tersangka NY memakai masker berlogo TNI-Polri mengaku dengan nama panggilan Rido yang bekerja di Sat Reskrim Polres Kota Sawahlunto, bermaksud meyakinkan korban agar percaya bahwa tersangka NY memang benar merupakan seorang anggota  Polri.


Negosiasi terjadi dan keduanya sepakat, harga jual sepeda motor tersebut senilai Rp 21 juta.

Setelah sepakat tersangka NY mengambil STNK dan membawa sepeda motor untuk mencobanya, namun selang waktu satu jam tersangka NY tak kunjung tiba. Merasa curiga H.Mulyadi (AL) pemilik motor langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Muaro Kalaban.


Setelah menerima laporan tentang adanya tindak pidana penipuan dan penggelapan, Jumat (19/2-21) anggota Sat Reskrim Polres Sawahlunto langsung gerak cepat melakukan penyelidikan dan didapatkan informasi bahwa tersangka NY berada di Pesisir Selatan, selanjutnya anggota Sat Reskrim Polres Sawahlunto dan anggota Polsek Muaro Kalaban melakukan koordinasi dengan Polres Pesisir Selatan, sekira pukul 16.30 Wib tersangka NY dapat diciduk beserta barang bukti di Jln Barung Barung Belantai Tarusan Kecamatan Tarusan Kabupaten  Pesisir Selatan, selanjutnya tersangka NY dan barang bukti ; 1 Unit Sepeda Motor Kawasaki, 1 unit Hp Xiomi 6a, 1 lembar STNK, 1 buah Buku BPKB dan 1 lembar Masker logo TNI-Polri warna Hitam dibawa ke Polres Kota Sawahlunto guna pemeriksaan lebih lanjut.


Menurut keterangan Kapolres Kota Sawahlunto AKBP. Junaidi Nur, SH, SIK mengatakan, tersangka NY sudah 22 kali melakukan tindak pidana Penipuan dan Penggelapan yakni pernah dilakukan di Kota Bukittinggi, Kota Padang dan Kota lainnya di Sumatera Barat.

Atas perbuatan tersangka NY diterapkan Pasal 378 KUHPidana dan atau Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman selama lamanya empat (4) tahun penjara.


Lebih lanjut Junaidi Nur menyampaikan serta  menghimbau kepada masyarakat Kota Sawahlunto agar berhati hati dan jangan terlalu cepat percaya bila ada orang yang mengaku ngaku sebagai anggota Polisi. Jika perlu lakukan koordinasi dengan pihak Bhabinkamtibmas yang ada di masing masing Desa/Kelurahan, tutur Junaidi Nur mengingatkan saat Jumpa Pers yang didampingi Kasat Reskrim IPTU.Roy Suganda Sinurat.STK, SIK dan IPTU, Bunial Husni. (An)

Post a Comment

0 Comments