Ticker

6/recent/ticker-posts

Wakpolda Sumbar Buka Acara FGD di Hari Kedua Terkait Tanggap Bencana

Padang,dutametro - Binmas Polda Sumbar Menggelar Fokus Group Discussion (FGD) yang kedua pada Rabu, (26/01/2021) di hotel Grand Zuri Padang Sumatera Barat.

Pada hari kedua ini FGD bertemakan "Peran Masyarakat dan Ormas Dalam Mengimplementasikan Nagari Tageh Pendidikan Kesehatan, Keimanan, Tanggap Bencana dan Radikalisme Untuk Memelihara Kamtibmas di Wilayah Provinsi Sumatera Barat Guna Menjadikan Sumatera Barat Yang Unggul dan Bermartabat"

Acara FGD buka langsung oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto.

Dalam kata sambutanya wakapolda menyapaikan "kegiatan FGD ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan Harkamtibmas melalui peran aktif diberbagai unsur masyarakat dan ormas dalam menanggapi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini yaitu penanganan Covid-19", katanya.

"Salah satu eksistensi masyarakat dalam penanganan Covid-19 yaitu salah satunya adanya Kampung Tangguh Nusantara yang lebih dikenal dengan nagari Tageh yang dibangun secara swadaya untuk melindungi masyarakat dari covid-19", terangnya.

Selanjutnya terkait bencana alam pada tahun 2020 sesuai data yang kami dapatkan ada sebanyak 102 bencana alam yang terjadi di Sumbar mulai dari tanah longsor, banjir, banjir badang, angin puting beliung, dan abrasi", jelasnya.

"Terkain bencana alam banjir, dan banjir bandang pada tahun sebelumnya diisukan terkait aktifitas ilegal loging dan ilegal mening, maka kami dan seluruh jajaran Polda Sumbar sudah komit untuk ziro terhadap ilegal loging dan ilegal Mening, kami akan menindak tegas terhadap pelaku dan oknum yang terlibat dalam kegiatan tersebut", tegasnya.

"Selain itu provinsi Sumbar juga rawan akan Gempa Bumi, masih dalam ingatan kita gempa bumi pada tahun 2009 lalu, kita tidak tau kapan akan terjadinya Bencana alam, tapi yang terpenting kesiapan kita dalam mengadapi bencana alam tersebut untuk mengurangi dampaknya berupa korban jiwa maupun kerusakan yang terjadi", terangnya. (R)

Post a Comment

0 Comments