Ticker

6/recent/ticker-posts

Sepuluh Pejabat Esensial di Kabupaten Pasbar Divaksinasi Covid-19 || dutametro




Simpang Empat,dutametro.com. - Jelang vaksinasi Selasa (02/02/2021) depan, sebelumnya petugas vaksinasi telah diberikan workshop uji coba, dimana pada workshop tersebut petugas telah diberikan pembekalan bagaimana teknis vaksinasi di hari H nanti.


“Telah dijelaskan teknis pelaksanaannya pada workshop tersebut,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Jon Hardi kepada Insan Pers di Kantor Dinas Kesehatan sesaat setelah Vaksin Covid-19 diterima di Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (28/01/2021) sore.


Ditambahkannya, vaksin tersebut dijemput oleh tim Dinkes Kabupaten Pasaman Barat dari Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Sumatera Barat sebanyak 3680 vial untuk diberikan kepada 1830 tenaga kesehatan dan sepuluh orang pejabat esensial.


Menurut Jon Hardi, Pendistribusian vaksin dari Padang sampai di Gudang Farmasi Dinkes Kabupaten Pasaman Barat dikawal selain oleh anggota Polres Pasaman Barat juga oleh anggota Sat.Brimob Polda Sumbar bersama sejumlah petugas Dinkes dan oleh Badan POM Sumbar.


Seperti yang disampaikan Jon Ardi, tahap awal pihak petugas Dinkes akan melakukan vaksinasi kepada 10 orang pejabat esensial, setelah itu baru kepada pejabat publik, dan selanjutnya kepada masyarakat Pasbar yang dikelola oleh Puskesmas masing-masing di 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasbar secara bertahap.


Ditambahkan Jon Hardi lagi, untuk menjaga keamanan dari vaksin tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Polres Pasbar sementara untuk menjaga kestabilan suhu, akan dikelola oleh bagian farmasi Dinkes Pasbar.


“Setelah kita melakukan vaksinasi kepada 10 orang pejabat esensial dan kepada pejabat publik Selasa (02/02/2021) di Balai Kantor Bupati Pasbar, selanjutnya akan kita lanjutkan untuk didrop ke Puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Pasbar, yakni menjelang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat,“ terang Jon Hardi


Vaksin tersebut saat ini langsung dibawah pengawasan Badan POM Sumbar bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat Jon Hardi, melalui pengamanan oleh petugas farmasi di gudang dengan suhu sesuai dengan yang telah ditetapkan, agar bisa tetap terjaga dengan baik.


“Kita akan lakukan koordinasi dengan Polres Pasbar bagaimana mekanisme pengamanan dari vaksin ini. Untuk mengatur suhu agar vaksin tersebut tetap stabil, kita serahkan kepada bagian farmasi,” jelasnya.


Sedangkan untuk masyarakat umum yang akan di vaksinasi akan diagendakan pada tahap berikutnya, menurut Jon Hardi tahapannya saat ini belum dapat dijadwalkan sebab data pastinya masih menunggu dari Disduk Capil Pasbar.


“Yang jelas tahap pertama ini kita akan lakukan vaksinasi pada Selasa depan kepada kepada sepuluh orang pejabat esensial terlebih dahulu setelah itu baru kepada pejabat publik dan selanjutnya kepada tenaga kesehatan,” terangnya mengakhiri. (Hendra Jetri)

Post a Comment

0 Comments