Ticker

6/recent/ticker-posts

Revitalisasi Jalur Kereta Api Wisata Kota Sawahlunto ,Ditinjau Kementrian Perhubungan RI





Sawahlunto,dutametro.com. -Walikota Sawahlunto, Deri Asta,SH bersama Wakil Walikota, H,Zohirin Sayuti SE dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr dr  Ambun Kadri MKM menerima kunjungan Sekretaris Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan, Zulmaefendi di Rumah dinas Walikota  Sawahlunto, Sabtu (30/1).


Kunjungan ke Kota Sawahlunto dimaksudkan untuk melakukan peninjauan lapangan, mengenai sarana dan prasarana jalur kereta api di Sawahlunto. Setelah menikmati jamuan makan siang, Zulmaefendi dan rombongan langsung melakukan peninjauan ke Stasiun Kereta Api Kampung Teleng (Museum Kereta Api Sawahlunto), Lokomotif Uap E 1060 (mak itam) serta jalur rel kereta api dari stasiun sampai ke Lubang Kalam (terowongan), Kota Sawahlunto.  


Melalui Zulmaefendi, Kementerian Perhubungan RI  menjanjikan bahwa, pihaknya saat ini telah mengetahui kondisi nyata (real) di lapangan dan tentunya akan menjadi catatan untuk ditindaklanjuti oleh Kementerian Perhubungan serta instansi atau lembaga terkait.


Kita ketahui, Sekretaris Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan, Zulmaefendi sengaja mengunjungi Kota Sawahlunto untuk melakukan peninjauan lapangan mengenai kondisi sarana dan prasarana jalur kereta api, sehubungan dengan akan dibukanya kembali jalur transportasi tersebut untuk kereta api wisata, yang pada tahap awalnya untuk kereta api wisata, Sawahlunto hingga Muaro Kalaban dan berikutnya nanti, jalur tersebut akan sampai ke Padang Panjang.


Lebih lanjut Zulmaefendi menyatakan, "pihak Kementerian Perhubungan dan instansi serta lembaga terkait lainnya, tentunya akan memberikan berbagai bentuk dukungan guna mengaktifkan kembali jalur kereta api, utamanya untuk mendukung pariwisata Kota Sawahlunto, Sumbar," pungkasnya. (An)

Post a Comment

0 Comments