Ticker

6/recent/ticker-posts

Puskemas Padang Pasir Launching Vaksinasi Covid-19 di Kota Padang

Padang,dutametro - Setelah beberapa hari sebelumnya dimulai dan dilakukan di tingkat pusat dan Provinsi yang didahului oleh Presiden Joko Widodo tepatnya Rabu (13/1/2021), kini pengggunaan vaksin Covid-19 resmi diberlakukan di Kota Padang.

Pemberlakukan penyuntikan vaksin di Kota Padang dimulai Jumat pagi (15/1/2021) dengan dilaunching secara resmi oleh Wali Kota Padang Mahyeldi di Puskesmas Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat.

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Hendri Septa, unsur Forkopimda Kota Padang, MUI Kota Padang, FKUB, camat, kepala SKPD dan sejumlah elemen terkait di Kota Padang.

Upaya ini merupakan sebagai salah satu upaya konkrit dalam mencegah dan memutus rantai penularan virus Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah keluarnya surat izin edar dari BPOM  tentang Persetujuan Penggunaan Darurat Vaksin keluaran sinovac life sciences co.ltd Beijing, China dan PT. Bio Farma. Begitu juga diperkuat dengan adanya fatwa MUI No.2 Tahun 2021 yang menyatakan hukum tentang produk vaksin Covid-19 tersebut adalah suci dan halal.

Winanda selaku kepala Puskemas Padang Pasir mengucapkan syukur alhamdulilallah karegiatan penyutikan vaksin bisa berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kendala karena pak wali mengalami hipertensi jadi penyutikan vaksin terhadap pak walikota Padang akan ditunda", ungkapnya.

Pada prinsipnya penyutikan vaksinasi ini adalah vaksin yang aman dan halal karena dibuktikan dengan hadirnya walikota Padang bersama jajaran yang bersedia untuk difaksin", lanjutnya.

Penyutikan vaksinasi ini merupakan kegiatan dari dinas sosial yang memang Puskesmas Padang Pasir sebagai pencanangan dari tempat penyelanggara vaksinasi, dan kita sudah mempersiapkan secara teknis tapi secara juknis dari kementrian ada empat meja yang di lalui diantaranya, Pendaftaran, Skrining, Penyutikan dan Observasi, dan ini berlaku untuk nakes dan masyarakat", jelasnya.

Bagi masyarakat untuk melakukan suntikan vaksin juga melalui beberapa tahap yaitu, pendaftaran, registrasi ulang dan baru menentukan tempat untuk melakukan penyutikan vaksin ini, karena dalam satu hari kita hanya bisa melakukan penyutikan sebanyak 20 orang", katanya. 

Dengan adanya vaksin ini adalah salah satu iktiar kita meminalisir untuk mengurangi Covid di kota Padang, ini sangat bagus dan baik karena kita tau dapak covid tidak hanya di kesehatan tapi juga ekonomi dan sebagainya, untuk kami berharap kepada masyarakat untuk dapat melakukan vaksin insyallah aman dan Halal", harapnya.

Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan, vaksinasi ini penting agar masyarakat terlindungi dan terhindar dari penularan penyakit Covid-19.

"Terutama sekali bagaimana vaksinasi ini memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita khususnya semua warga di Kota Padang, yang akhirnya ikut membantu proses percepatan bangkitnya perekonomian masyarakat. Besar harapan kami agar seluruh masyarakat yang menjadi sasaran vaksinasi segera mendapatkannya dan mau melakukannya. Karena semuanya gratis tidak memakan biaya. Ini demi kita dan orang lain serta bangsa yang kita cintai ini," tutupnya. 


Post a Comment

0 Comments