Ticker

6/recent/ticker-posts

Buya Mahyeldi Terima Pemerintahan Nagari dan Warga Koto Anau di Rumah Dinas Wako Padang || dutametro


Ketika Buya Mahyeldi bertausiah dan bermalam di Koto Anau berkesempatan berbincang dengan Masyarakat



Solok, dutametro.com – Pemerintahan Nagari dan atas nama masyarakat serta sejumlah tokoh di Nagari Koto Gadang Koto Anau mendapat tamu kehormatan oleh Buya Mahyeldi Calon Gubernur Sumbar suara terbanyak berkunjung di rumah dinasnya Jalan A.Yani Padang. “Kita dapat kehormatan bertamu ke tempat Buya Mahyeldi (calon Gubernur), di rumah dinas Walikota Padang. Tadi langsung diingatkan Pak Guswardi, kita nanti di A.Yani bakda Ashar”,kata H.Syafrizal Ben Sutan Mantari bersama H.Eri MS, keduanya pengusaha sukses dari Koto Anau.

Seperti diungkapkan Pak Ben, Guswardi merupakan seorang kepala Dinas Perikanan Kota Padang yang berasal dari Nagari Kacang Kabupaten Solok, yang terbilang sangat dekat Pak Walikota Mahyeldi. Dia mengingatkan bahwa Rabu, (13/01/21) ada silaturrahmi dengan Pak Wali Kota Mahyeldi. Cerita silaturrahmi dengan Wako Mahyeldi, jauh sebelum balada Pilkada kemarin. Adalah Buya Mahyeldi sebagai pendakwah pernah bertausiah di Masjid Raya Koto Anau dan bermalam di rumah Haji Eri MS. Sejurus aroma Pilkada, bahwa Wako Mahyeldi akan maju jadi gubernur, sudah lama menjadi harapan masyarakat yang juga banyak bekerja sebagai tukang daging ini. Ketika Wako Mahyeldi bersilaturrahmi di Koto Anau dan bermalam, di kesempatan itu juga berbincang-bincang dengan tokoh masyarakat setempat. “Inilah yang sangat berkesan bagi kami dan mungkin juga bagi beliau. Sehingga setelah selesai Pilkada, dan beliau meraih suara terbanyak dari calon gubernur, niscaya silaturrahmi ini mendapat undangan kehormatan masyarakat Koto Anau bertamu ke kediaman beliau di Padang”,timpalnya lagi.







Rupanya pada Rabu tersebut selepas Ashar sudah ada sebahagian berada di Palanta Jalan A.Yani kediaman Wako Padang. Menjelang pukul 16.00 WIB tamu yang didalam ruangan dapat kabar bahwa Pak Mahyeldi barusan pulang Solok melihat saudara-saudara terkena korban banjir, dan kini sudah dalam perjalanan. “Beliau sudah jalan menuju pulang, sebentar lagi sampai, karena pakai forider”,kata Guswardi mengabarkan. Berselang kemudian dikabari sudah di Lubeg. Tak bberapa lama akhirnya muncul sang Calon Gubernur tersebut sembari mengucapkan salam kepada tamu dari Koto Anau yang telah menunggunya.

  Wali Nagari Koto Gadang Koto Anau Edi Setiawan mengawali membuka acara sembari memaparkan agenda kegiatan. Lalu ditambahkan oleh Ketua BPN Rizaldi Marah Gumilang, Wanhat IPKA Osrizal Rajo Labih dan lainnya, termasuk Mukharifin Rajo Bujang mantan walinagari Koto Anau. Sementara Ketua KAN Onderus Dt.Bgd Sati memperkenalkan bahwa di Koto Gadang Koto Anau dalam ulayat tambo Kubuang Tigo Baleh, bahwa di Koto Anau ada kerajaan. Dan bukti-bukti punya raja ada rumah raja dan artefak lainnya, hingga kini masih bisa ditemui sebagai sejarah. 





Selanjutnya Walinagari Edi Setiawan menyampaikan sejumlah potensi alam Koto Anau dengan air terjun yang indah, dan berencana akan menggelar Baralek Gadang Nagari dengan Festival Kuliner masakan spesifik dari Darek tersebut. “Kita bermohon kehadiran Bapak Mahyeldi bersamaan jadual pengaturannya ketika selesai dilantik jadi Gubernur Sumbar, sekaligus syukuran dalam nagari peresmian walinagari dan BPN juga yang relative baru”,kata Walinagari Edi mengakhiri.(yas)

Post a Comment

0 Comments