Ticker

6/recent/ticker-posts

Binmas Polda Sumbar Kembali Gelar Fokus Grup Discussion

Padang,dutametro - Binmas Polda Sumbar menggelar acara Focus Grup Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada Selasa, (26/01/2021) di Hotel Grand Zuri Padang Sumatera Barat.

FGD yang bertemakan "Peran Masyarakat Dalam Mengimplementasikan Nagari Tageh Kesehatan, Keimanan, Pangan Ekonomi dan Menangkal Intolerasi, Radikalisme Serta Terorisme Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif".

Acara FGD ini di ikuti oleh Pokdarkamtibmas, Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, dan Babinkamtibmas.

Dalam acara FGD ini narasumber akan membahas materi FGD sesuai dengan tema yaitu : 

1. Peran masyarakat dalam mengimplementasikan nagari tageh pangan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif oleh Dr.Ir. Eri Gas Eka Putra, M.S.

2. Peran masyarakat dalam mengimplementasikan nagari tageh kesehatan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif oleh Dr. Andani Eka Putra, M.SC.

3. Peran masyarakat dalam mengimplementasikan nagari tageh Ekonomi guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif oleh Dr. Ir. Feri Arlius, MSc.

4. Peran masyarakat dalam mengimplementasikan nagari tageh dalam menangkal Menangkal Intolerasi, Radikalisme Serta Terorisme Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif oleh Ken Kurniawan.

5. Peran masyarakat dalam mengimplementasikan nagari tageh Keimanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif oleh Romi Alghifari.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto,MH langsung membuka FGD, kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan situasi yang aman dan kondusif ditengah masyarakat serta tangguh dalam penanganan covid-19.

"Kampung Tageh dibangun ini secara Swadaya guna untuk menciptakan lingkungan yang mandiri serta bebas dari covid-19,'' ungkapnya. 

Masih kata Kapolda, "Masalah covid-19 yang sudah diprediksi akan berkepanjngan dan dari Pihak Polri sudah akan membuat kampung Tageh yang nanti untuk mengantisiasi dampak dari covid-19 dan menekan penyebaran," jelasnya. 

Dengan ketagehan yang sudah dibangun tadi diharapkan untuk mempersolid segala lini dan dari berbagai aspek untuk meminimalisir dampak covid-19, pungkasnya. 

"Salah satu Forum Rembuk yng ada diantaranya Peran Pokdarkamtibmas merupakan sebagai fasilitator untuk memecahkan permasalahan yang ada ada masyarakat", katanya.

Pokdar sangat dekat dengan masyrakat, selain itu Pokdar juga bisa memberi pemahaman kepada masyarakat dan penyuluhan hukum kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengerti serta tidak mudah terhsut akan informasi-informasi yang akan mengakibatkan perpecahan, ujarnya.

Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh jajaranya untuk berperan aktif mendirikan Kampung Tageh di Kelurahan dan Nagari-Nagari.

Mari kita bersama menjaga keaman kita bersama dari radikalisme dan terorisme guna menciptkan ke amanan dan ketertiban di tengah masyarakat, himbau Kapolda. 

Sementara itu Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Jhoni Soeroto mengatakan, FGD ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri, merupakan masyarakat yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. 

Maka dari itu Binmas Polda Sumbar gelar FGD yang bekerja sama dengan Akademisi Para Doktor UNAND yang memang memguasi bidang tugasnya, pungkas Dir. 

"UNAND memiliki 15 Fakultas yang mana keterkaitannya dampak covid-19 sangat luas diantranya kemananan kesehatan,  keamanan gangguan tentang pangan, gangguan ekonomi dan gangguan yang lainnya," paparnya. 

Sehingga kita harus kuat kata dan harus rapatkan barisan untuk bersama-sama masyarakat dan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali bahwa ini adalah menjadi PR bagi kita bersama, Tentunya kembali kepada peran kita masing-masing, terangnya. 

"Maka dari itu Binmas Polda Sumbar mengajak serta menghimbau mari kita berbuat untuk secara semesta atau secara masif memerangi dampak dari covid ini, sehingga kita bisa kembali menjalani kondisi seperti sebelum covid melanda Negeri kita tercinta", tutupnya. (R)

Post a Comment

0 Comments