Ticker

6/recent/ticker-posts

Penenun Songket Dapat Bantuan Alat dan Bahan Kemudian Pelajar SD-SMP Dapat Beasiswa Dari Program Inovasi Pemerintah Desa Muara Kalaban || dutametro





Sawahlunto,dutametro.com.-Pemerintah Desa Muaro Kalaban Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto memberikan bantuan alat dan bahan tenun kepada pengrajin Songket Silungkang dan beasiswa bagi pelajar SD dan SMP berprestasi. Penyerahan bantuan itu dihadiri langsung oleh Walikota Deri Asta,SH, pada Rabu 23 Desember 2020 kemaren di Kantor Desa Muaro Kalaban. 


Kepala Desa Muaro Kalaban Herdiamon, melaporkan untuk bantuan bahan tenun yang terdiri dari benang dan kain, itu diserahkan kepada 12 orang pengrajin tenun. 


Kemudian untuk beasiswa, diberikan kepada para juara 1,2 dan 3 di 6 sekolah di wilayah Desa Muaro Kalaban (ada 5 SD dan 1 SMP). Totalnya ada 18 orang pelajar yang menerima beasiswa dari Pemerintah Desa Muaro Kalaban tersebut. 


“Syarat untuk bisa mendaftar mendapatkan bantuan ini yakni yang bersangkutan atau kalau pelajar itu orang tua/wali muridnya terdata sebagai warga Desa Muaro Kalaban, yang dibuktikan dengan KTP. Karena ketersediaan bantuan dan beasiswa ini terbatas, memang sebelumnya kita lakukan seleksi dulu terhadap semua berkas pendaftaran yang masuk,” jelas Herdiamon. 


Program Pemerintah Desa Muaro Kalaban itu mendapat pujian dan dukungan penuh dari Walikota Deri Asta. Menurut Walikota, program dari Desa yang berlokasi di sepanjang jalan Lintas Sumatera itu sudah sinergi dengan program Pemerintah Kota di bidang meningkatkan kualitas usaha ekonomi produktif masyarakat dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui fasilitasi biaya dan perlengkapan sekolah para pelajar. 


“Kita di Pemko kan juga telah memberikan bantuan seperti ini. Ada bantuan alat dan perlengkapan tenun dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, kemudian bantuan pakaian seragam bagi pelajar SD dan SMP serta beasiswa/reward bagi mahasiswa berprestasi dari Dinas Pendidikan. Namun karena keterbatasan anggaran juga, tentu mungkin belum menjangkau semua, masih ada yang belum memperoleh. Maka dengan adanya program serupa dari Desa Muaro Kalaban ini sangat membantu menyempurnakan program kita tersebut. Jika ada yang masih belum tercover dari Pemko, maka bisa dibantu melalui bantuan dan beasiswa dari Desa ini,” kata Walikota Deri Asta. 


Dalam kesempatan itu, Walikota berharap program dari Desa Muaro Kalaban itu dapat menjadi inspirasi dan motivasi pula bagi Pemerintah Desa lainnya di Sawahlunto. (An)

Post a Comment

0 Comments