Ticker

6/recent/ticker-posts

PT Kencana Sawit Indonesia Bangun Kebun masyarakat di Nagari Sungai Kunyit dengan Pola Kemitraan || dutametro


Pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, sosialisasi perkebunan rakyat di SBJ.



Solsel, dutametro.com -- PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI) akan membangun kebun untuk masyarakat Jorong Muktitama dan Jorong Mercu Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan.


Program pembangunan kebun rakyat dengan Pola Kemitraan ini akan dilaksanakan PT. KSI pada lahan masyarakat Jorong Muktitama dan Jorong Mercu seluas lebih kurang 500 Ha. Alih komoditi dari karet ke kelapa sawit ini merupakan harapan masyarakat berpuluhan tahun yang silam, karena pola PIR-Bun Eks Transmigrasi dengan komoditi karet dinilai gagal.


Beberapa pertanyaan yang dilontarkan Camat Sangir Balai Janggo Muslim, S.Pd pada rapat sosialisasi pola kemitraan di Sungai Kunyit, Selasa (24/11) itu, Alhamdulillah mendapat jawaban yang menyejukan dari Humas PT. KSI.


Pembangunan kebun masyarakat oleh PT. KSI merupakan wujud dari tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat seputaran sesuai dengan prinsip-prinsip Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).


Yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Prinsip RSPO mengharuskan bahwa Perusahaan perkebunan kelapa sawit harus sama-sama tumbuh dan berkembang bersama masyarakat seputaran.


"Artinya, perusahaan berkembang juga perekonomian masyarakat sekitar juga ikut membaik", kata Humas PT KSI  Irvan.


Kemudian Pimpinan PT. KSI Sosialisman mengatakan, bahwa pola kemitraan pembangun kebun yang akan kita laksanakan ini tidak ada hubungannya dengan hak masyarakat yang 20% dari luas HGU PT.KSI.


Pembangunan kebun plasma masyarakat tetap akan dibangun 20%   disaat perpanjangan HGU sesuai dengan UU 39 Tahun 2014, hal ini sudah MoU dengan ninik mamak Sungai Kunyit.


Sosialisasi yang digelar seharian penuh ini sangat alot dan berakhir pada Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) sosialisasi ke anggota kelompok tani, pendataan, pembehanan Koperasi, tinjauan/penentuan titik kordinat, perlengkapan dokumen dan berakhir pada penandatanganan MoU pada awal Februari tahun 2021 mendatang.


Kadis Pertanian yang diwakili Wandra sangat mendorong pola kemitraan ini dan siap membantu secara tekhnis jika dibutuhkan.


Rapat sosialisasi yang difasilitasi Kecamatan Sangir Balai Janggo ini yang dimoderatori Sekcam (Yosepriadi) berjalan sukses dan dihadiri Forkopimcam SBJ,  Pimpinan PT.KSI, Kadis Pertanian diwakili Kabid perkebunan (Wandra), Kadis Perindagkop UMKM diwakili staf, Pj. Wali Nagari Sungai Kunyit (Rusli Dt.Tang Kayo Basa, Ketua KAN Sungai Kunyit (H.Mat Musa Dt.Pangulu Rajo), Ketua Koperasi Sukun III (Masriwal), Kepala Jorong Muktitama, Kepala Jorong Mercu, 11 Ketua Kelompok Tani dan sejumlah tokoh masyarakat Sungai Kunyit. Met

Post a Comment

0 Comments