Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Teknik UMSB Ciptakan Wastafel Tanpa Sentuhan

Padang,dutametro - Roni Efendi mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) berhasil menciptakan Wastafel Portabel tanpa sentuhan untuk mengurangi penyebaran Covid-19. 

Inovasi ini berangkat dari keresahannya terhadap penyebaran virus corona di Sumatera Barat khususnya di lingkungan kampus.

“ Sejak adanya virus Corona kita wajib untuk mencuci tangan, melihat setelah kita cuci tangan malah pegang keran air untuk menutupnya, otomatis tangan kita akan kena lagi virusnya maka untuk itu, kita bikin wastafel ini,” ujar Roni Efendi, Rabu (11/11/2020).

"Kelebihan wastafel ini menggunakan sensor otomatis dalam penggunaan keran airnya, ketika ada tangan yang menghampiri keran wastafel, keran tersebut akan secara otomatis mengeluarkan air. Sebaliknya saat tangan menjauh dari keran tersebut maka otomatis keran air mati, Ini berfungsi dengan baik dan siap untuk didistribusikan", jelasnya.

Dosen pembimbing Hariyadi, S.Kom, M.Kom juga selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB menyampaikan, “Tempat mencuci tangan itu dirancang otomatis mengeluarkan air tanpa harus menyentuhnya dan wastafel otomatis merupakan wastafel portabel yang dapat dirakit dan mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Dibuat dengan rangkaian elektrik sederhana menggunakan sensor HC-SR04,” paparnya.

Kedepannya target dari pendistribusian Wastafel otomatis terlebih dahulu ke 4 Lokasi Kampus yang ada di UMSB yakni Kampus Padang, Kampus Padang Panjang, Kampus Bukittinggi, dan Kampus Payakumbuh serta mempercantik desain Luar dengan HPL agar lebih menarik dan mempunyai nilai Jual", harapnya. (R/rls humas)

Post a Comment

0 Comments