Ticker

6/recent/ticker-posts

Bersama Polres dan Pemkab Kuansing Bencana Diatasi Tepat , Cepat dan Tuntas || dutametro




RIAU,dutametro.com.- Untung tak dapat diraih, malang tak dapat di elak, inilah situasi kondisi yang terjadi pada cuaca ekstrim pada Senin (9/11/2020) disalah satu desa di kecamatan Kuantan Tengah yaitu tepatnya pada desa Pulau Kedundung.


Curah hujan yang sangat tinggi beberapa hari belakangan ini mengguyur wilayah Kabupaten Kuantan Singingi berpotensi terjadinya banjir dan tanah longsor.


Ini terbukti terjadinya tanah longsor yang telah menimpa salah satu lokasi yang ada di desa Pulau Kedundung pada Senin  6/11/2020 dimana mengakibatkan ruas jalan penghubung desa Pulau Kedundung ke desa Seberang Taluk di Kecamatan Kuantan Tengah sempat  terputus beberapa saat.





Berawal kejadian tanah longsor ini diketahui oleh personel Polres Kuansing yang sedang melaksanakan patroli ke desa Pulau Kedundung Kecamatan Kuantan Tengah dan langsung saja dikatahui pimpinan Polres setelah dilaporkan personel patroli dimaksud


Hubungi dinas terkait tegas Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto. S.IK. M.M. ketika mendapat laporan dari personel Polres yang saat itu ada di lokasi tanah longsor.


Dengan ketepatan, dan kecepatan, berkat koordinasi personel Polres Kuansing dengan Pemerintah Daerah dalam halini dinas PUPR, permasalahan tanah longsor yang terjadi di desa Pulau kedundung dapat tuntas diatasi.


Tanah longsor yang estimasinya terjadi sekira pukul 04 30 wib, dan diketahui pada pukul 07.00 wib dapat teratasi dengan tuntas pada pukul 10.00 wib, sehingga ruas jalan sepanjang lebih kurang 25 meter dapat teratasi dengan cepat.





Sempat menjadi hambatan bagi warga yang melintasi jalan tersebut namun dapat dengan cepat diselesaikan dengan bantuan excavator milik PUPR Pemkab Kuansing dan loder milik perusahaan yang dihubungi saat itu.


Kapolres Kuantan Singingi didampingi Kabag Ops danKasat Lantas meninjau lokasi terjadinya tanah longsor di desa pulau Kedundung dan langsung memberikan arahan dan petunjuk kepada personel Polri dan pegawai PUPR yang ada di lokasi tersebut.


Alhamdulillah, aktifitas warga yang melewati jalan lintas yang terkena longsor dapat bergeliat kembali, terima kasih pak ungkap Sarman salah seorang warga Pulau Kedundung. 


Sinergis Polres Kuansing dan Pemerintah Daerah adalah wujud kebersamaan sehingga ketepatan dan kecepatan penanganan bencana longsor yang terjadi dapat diatasi dengan baik, dan ini adalah konsekuensi dari telah dilaksanakannya apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang baru saja dilaksanakan, tegas Kapolres Kuansing.


(Anhar Rosal)

Post a Comment

0 Comments