Ticker

6/recent/ticker-posts

Baznas Kabupaten Solok Salurkan Rp 2,5 Miliar Lebih Untuk 4.615 Siswa || dutametro


Salah satu kegiatan Baznas Kab.Solok, tatkala Bupati Gusmal salurkan zakat yg didampingi Ketua Baznas H.Sukardi dan disaksikan pengurus lainnya


Solok, dutametro.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok ditengah pandemi Covid-19 ini, menyalurkan zakat kepada Mustahiq dengan nilai sebesar Rp.  2.552.000.000  terutama bagi siswa SD dan SLTA yang berhak menerima zakat.  Jumlah mereka terdiri untuk Mustahiq SD sebanyak 3.630 orang dan SLTP sebanyak 985, sehingga total berjumlah 4.615 orang. Dan untuk penerimaan kali ini juga terjadi sedikit peningkatan karena berbarengan dengan pemotongan dari Muzaki ASN atas gaji 13. Demikian keterangan relis yang diterima Kamis, (19/11/20) melalui staf kesekretariatan Iljasmadi dengan Kepala Sekretariat Fahmi Nurita S.Sos.

Seperti yang diutarakan Ketua BAZNAS Drs,H.Sukardi, bahwa dalam kondisi sekarang perekonomian masyarakat memang turun, terutama bagi orang tua yang berjualan dilingkungan sekolah, sehingga mematikan mata pencahariannya. Demikian pula kalau orangtua tukang ojek atau sopir angdes yang biasa melayani anak sekolah, niscaya sangat terpuruk bersebab tidak diberlakukannya sistem belajar tatap muka dan banyak belajar Daring di rumah.

Dari berbagai dampak dan ekses pandemic tersebut, maka Baznas Kabupaten Solok guna mencermati keadaan seiring keluarnya gaji 13,  pendistribusian semakin lebih besar pula. “Bantuan untuk pendidikan kali ini lebih besar dari tahun sebelumnya dimana untuk siswa SD Rp. 500.000/ per siswa yang tahun sebelumnya Rp. 350.000 kemudian untuk SLTP Rp. 750.000/ siswa yang tahun sebelumnya Rp. 500.000/siswa”,jelas Sukardi.

Sistem penyaluran zakat tersebut kepada siswa dilakukan di tingkat Korwil masing-masing kecamatan dan dihadiri oleh perwakilan siswa dan guru, untuk menjaga protokol kesehatan menghindari kerumunan masyarakat, dan selajutnya guru yang membagikan ke masing-masing siswa disekolahnya.(yas)

Post a Comment

0 Comments