Ticker

6/recent/ticker-posts

Tanpa Rekomentadasi Camat dan Walinagari Izin Keramaian Tidak Bisa di Terbitkan | dutametro




Solsel, dutametro.com - Izin keramaian pesta pernikahan bisa dikeluarkan, jika dilokasi tersebut daerahnya memang dipastikan aman dari sebaran virus Covid-19.


Menurut Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal, sepanjang ada rekomendasi dari Wali Nagari dan Camat, maka izin bisa dikeluarkan. 


Sebab yang mengetahui suatu daerah aman dan tidak ada warga yang terdampak Covid-19, adalah pemerintah terendah seperti Wali Nagari dan jorong. 


"Kalau ada rekomendasi Wali Nagari dan Camat, maka boleh diberi izin keramaian pesta pernikahan. Tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan covid," jelas Pjs Bupati Solok Selatan, Jasman Rizal, Kamis (1/10 ).


Seperti dicontohkan Jasman, ada kecamatan di cap sebagai zona Oren. Namun belum tentu Nagari yang ada di Kecamatan itu zona Oren, begitu juga jorongnya. 


Dasar mengeluarkan izin keramaian ini, harus mempertimbangan kondisi daerah.


"Yang tau kondisi daerahnya, jorong, Nagari dan Camat. Bila tidak ada rekomendasi mereka, jangan mau dinas terkait keluarkan izin keramaian," ulasnya. 


Selain itu, dia mewanti-wanti bagi pejabat daerah yang pulang dari luar daerah Solsel, wajib diperiksa sampe swabnya. 


Kemudian jangan masuk kantor dulu sebelum hasil swab keluar, hal ini dalam mencegah meningkatnya kasus covid 19.


"Kita minta bagi yang baru pulang kunker, atau dinas luar. Swab dulu, setelah hasilnya keluar boleh mengantor lagi," paparnya.


Dia juga berjanji, akan menyediakan media center bagi wartawan dilengkapi komputer dan jaringan internet. Ruangan ber AC, dan televisi. 


Sehingga ada tempat bagi wartawan untuk berdiskusi disamping membuat berita di media center tersebut. 


"Saya sudah perintahkan Kabag humas dan Kabag Umum, untuk penyediaan  komputer lengkap dan internet," paparnya. 


Ketua PWI Solok Selatan, Hendrivon menyambut baik niat Pjs Bupati Solsel. Nantinya, ia akan menagih janji tersebut agar segera terealisasi. 


"Niat baik Pjs kita dukung, kita kan menagihnya nanti," jelasnya. Met

Post a Comment

0 Comments