Ticker

6/recent/ticker-posts

Pjs Bupati Tanah Datar Lantik Nita Jondru Jadi Pj Walinagarai Tigo Jangko | dutametro




Tanah Datar , dutametro.com.-Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman, Kamis ( 08/10) melantik Nita Jondru dilantik menjadi Pj. Wali Nagari Tigo Jangko menggantikan Wali Nagari sebelumnya Indra Gunalan di Kantor Wali Nagari Tigo Jangko kecamatan Lintau Buo.

Pelantikan Pj. Wali Nagari Tigo Jangko ini dilakukan karena wali nagari definitif yang menjabat sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya dikarenakan maju sebagai calon wakil bupati Kabupaten Sijunjung pada pilkada serentak yang akan digelar pada bulan Desember nanti.

Usai pelantikan Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman dalam sambutannya berpesan kepada Pj. Wali Nagari yang baru saja dilantik agar mengutamakan penanganan bencana non alam covid 19. “Kita tidak tahu pandemi ini kapan akan berakhir, untuk it uterus upayakan sosialisasi kepada masyarakat termasuk adaptasi dengan kebiasaan baru dengan mematuhi protokol kesehatan. Kalau ini tidak dilaksanakan akan ada sanksi administrasi berupa denda dan kurungan sesuai dengan aturan yang ada,” ujarnya.





Erman juga mengharapkan bahwa hal ini untuk disampaikan langsung ke masyarakat, sehingga mereka sadar dan adaptasi baru dengan mematuhi protokol kesehatan bisa terus terlaksana ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Tidak hanya itu, menurut Erman Pj. Wali Nagari juga harus dapat menjaga kondusifitas kehidupan masyarakat dimasa pilkada, karena siapapun yang yang terpilih dalam pilkada nanti itulah pilihan masyarakat.

Terkait dengan perancanaan dana desa tahun 2021 nanti Erman juga berpesan agar pemerintahan nagari benar-benar bisa mencermati perencanaan penggunaannya. “Dimasa pandemi ini, penggunaan alokasi dana desa harus benar-benar dicermati dengan baik, untuk sementara waktu kurangi pembangunan fisik dan utamakan anggaran perawatan. Ingat, 50% dari anggaran dana desa harus dimanfaatkan untuk kegiatan padat karya,” pesan Erman mewanti-wanti.

Tidak itu saja, Erman juga meminta Pj. Wali Nagari Tigo Jangko agar menyisihkan anggaran dana desa untuk penanggulangan pademi covid 19, melaksanakan pembangunan ekonomi di nagari serta peningkatan kinerja selama menjabat.

Sementara kepada wali nagari yang lama yang telah memimpin nagari Tigo Jangko selama 9 tahun terakhir, Erman Rahman juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih. “Atas nama pimpinan daerah saya ucapkan terimakasih, semoga apa yang telah Bapak lakukan selama ini baik itu untuk nagari Tigo Jangko maupun kabupaten Tanah Datar bisa bermanfaat bagi masyarakat. Saya juga mendoakan Bapak sukses dalam perjuangan menuju orang nomor 2 di kabupaten Sijunjung,” katanya.

Dilain pihak Pj. Wali Nagari Tigo Jangko yang baru dilantik dikesempatan itu meminta agar semua unsur masyarakat mau memberikan masukan dan mendukungnya dalam menjalankan tugasnya nanti.

Sementara dikesempatan yang sama mantan wali nagari Indra Gunalan menompangkan harapannya kepada Pj. Wali Nagari yang menggantikannya agar dapat terus melanjutkan rencana pembangunan yang telah diprogramkannya semasa tugas.

"Kami berharap agar program yang telah kami susun selama ini bisa terus dilanjutkan dengan lebih baik lagi," harapnya.

Berbeda dengan H. Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo atau yang biasa dikenal dengan nama H. May, dalam kapasitasnya sebagai tokoh masyarakat dan juga sebagai ketua KAN nagari Tigo Jangko, dia mengatakan kalau pengunduran diri yang dilakukan oleh Indra Gunalan dari jabatannya sebagai wali nagari menimbulkan dua rasa yang berbeda di hati masyarakat. Yang pertama adalah rasa sedih yang sangat mendalam yang dirasakan oleh masyarakat, karena selama 9 tahun menjabat sudah banyak perubahan dan kemajuan di nagari Tigo Jangko dan sudah banyak pembangunan yang telah dilakukan.

“Beliau (Indra Gunalan-red) adalah seorang pemimpin yang berani sekaligus tegas, artinya berani berbuat demi kemajuan pembangunan di nagari,” kenang H. May.

“Namun selain sedih kami juga merasa sangat bangga, karena sekarang beliau sedang berjuang ditingkat yang lebih tinggi, yakni maju sebagai calon wakil bupati di kabupaten Sijunjung pada pilkada serentak pada Desember nanti, untuk itu kami berdoa apa yang beliau perjuangan hendaknya diridhai oleh Allah SWT dan semampunya kami juga siap membantu perjuangan beliau,” tambahnya.

Post a Comment

0 Comments