Ticker

6/recent/ticker-posts

PSMS Medan Dimata Pecinta Persepak Bola Nasional | dutametro




dutametro.com.Perjalanan panjang sejarah salah satu klub Legendaris Indonesia PSMS Medan Di pentas sepak bola Nasional dan internasional tidak bisa dilepaskan dari sosok sosok beretnis Minangkabau.rabu 9/9/2020.

"Salah satu pendiri klub psms medan adalah Adinegoro yang berasal dari Talawi Sawalunto sumbar,yang juga tokoh pers Sumatera Utara dan indonesia, Adinegoro menjadi salah satu ,lima pendiri Klub PSMS medan,yang lahir pada 21 april 1950.

Pada Tahun 1966-1974 Walikota Medan Sjoerkani, Putra Sumatera Barat ,menjabat Walikota Medan. Walau bukan putra daerah sumatera Utara ,tetapi hati dan kecintaanya pada PSMS Medan tidak perlu diragukan.


" Sebagai pembina PSMS Medan, Sjoerkani sukses membawa PSMS medan menjadi juara kejurnas 1967,1969 dan 1971 serta berbagai gelar lainya,termasuk membawa PSMS Medan lolos liga Chompions Asia Cup 1970.

Sjoerkani pula yang meyerahkan stadion mini kebun Bunga untuk menjadi home base latihan dan sekertariat PSMS medan hingga saat ini.

"Tokoh pemuda sumut yang juga berdarah minang Amran ys adalah Manager PSMS medan ketika PSMS medan juara perserikatan divisi utama 1983 ,yang saat itu dilatih oleh trio pelatih Zulkarnaen Pasaribu,Wibisono dan Parlin Siagian.

" Begitu juga dengan salah satu pemain legendaris PSMS medan dan timnas indonesia yang berdarah minang, "Yuswardi atau yang sering disapa " Ajo" adalah sosok penting dalam kedikdayan PSMS medan tahun 1960 sampai 1970,

Yuswardi adalah pemain PSMS medan yang tak tergatikan pada waktu itu ,baik di PSMS medan mau pun Timnas indonesia. Pemain yang menepatin posisi beck kanan tersebut menjadi pemain yang sangat disegani lawan maupun kawan.

Dan sejarah perjalanan panjang yang ditorehkan klub kebanggan masyrakat Sumatera Utara itu tidak terlepas dari etnis minang.(Narsum,Indra Effendi Rangkuti). (hj)

Post a Comment

0 Comments