Ticker

6/recent/ticker-posts

Percepat Penanganan Covid-19 di Tanah Datar , BPBD Sumbar Salurkan Bantuan APD | dutametro




Tanah Datar-dutametro.com.- Sempat tertunda akibat cuaca buruk, akhirnya Helikopter BNPB tipe N303AJ mendarat di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak, selasa (29/9). Helikopter itu membawa bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berupa Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangkan percepatan penanganan Covid 19 di Tanah Datar.


Berdasarkan data manifase barang, APD yang diserahkan berupa baju zazmat sebanyak 1500 pcs, masker N95 sebanyak 1000 pcs, masker medis 10 dus, faceshield 3 dus, kaca mata google 1 dus, baju gown 10 karung, handscoon 24 dus, dan beberapa jenis barang penanganan Covid 19 lainnya.


" nilai dari seluruh bantuan yang diberikan pemerintah Provinsi untuk percepatan penanganan Covid ini senilai Rp. 3 Miliar. Kita perkirakan, seluruh bantuan APD akan cukup sampai bulan desember esok," ucap Pjs Bupati Tanah Datar, Erman Rahman saat ditemui di lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak.


Erman Rahman melanjutkan, jika bantuan yang diberikan ini nantinya akan diperuntukan bagi tenaga medis di Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dikarenakan, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid 19.




Erman tidak ingin, tenaga medis terpapar Covid 19 karena ketiadaan APD yang lengkap. Untuk itu, diperlukan APD yang berkualitas premium dalam penanganan Covid 19.


" kita tahu, angka penyebaran Covid 19 di Tanah Datar terus bertambah. Jadi tenaga medis perlu pengamanan diri yang ekstra agar tidak tertular. Bantuan ini akan kita distribusikan nantijua hingga ke puskesmas, dan rumah sakit. Ini ada yang jenis premium juga bantuannya," katanya.


Selain diperuntukam bagi tenaga medis, bantuan non medis juga disediakan. Dimana bantuan non medis nantinya akan diperuntukan bagi petugas yang berjaga, baik ditempat isolasi, karantina perbatasan hingga kecamatan.


Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, bahwa pendistribusian ini dilakukan mengingat peningkatan kasus Covid-19 di provinsi Sumatera Barat yang terus bertambah. Maka melalui itu pihaknya memberikan bantuan APD ke Kabupaten dan Kota di Sumbar.


"Ini kita berikan mengingat persedian APD di kabupaten kota sangat terbatas karena harga APD yang cukup mahal," ungkapnya. 


Terlihat juha saat penyerahan bantuan ketua DPRD Tanah Datar, Kejari Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, dan Dandim 0307 Tanah Datar.

Post a Comment

0 Comments