Ticker

6/recent/ticker-posts

Masker Bedah Lebih Bagus Dibanding Masker Scuba | dutametro




Padang ,dutametro.com.– Sejak pandemi Covid-19, setiap orang diwajibkan mengenakan masker. Beragam masker yang beredar di pasaran. Mulai seperti masker scuba, masker bedah, dan lainnya.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyebut bahwa dari sekian banyak masker yang beredar di tengah publik, masker bedah adalah masker terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19. Kadiskes menyarankan agar masyarakat mengunakan masker bedah saat beraktifitas di luar.


"Penggunaan masker juga harus diperhatikan, masker scuba dibandingkan dengan masker bedah, jauh lebih bagus masker bedah," katanya, Kamis (17/9/2020).


Menurutnya, masker scuba sering turun-turun, inilah yang menyebabkan perlindungannya kurang.


"Tapi untuk menahan droplet masih bisa tertahan, kalau dipakainya dengan benar. Namun efektifitasnya tidak begitu kuat," ujarnya.


Feri Mulyani mengatakan masker kain yang dibuat haruslah seperti masker bedah, agar bisa menutup dagu dan sampai ke hidung.


Kadiskes juga menyebut masyarakat masih butuh edukasi tentang keharusan pakai masker. Serta edukasi protokol kesehatan lainnya, seperti menjaga jarak dan cuci tangan untuk antisipasi penyebarannya.


Sisi lain Feri Mulyani Hamid mengatakan RSUD Rasidin Padang memiliki 70 ruangan yang terisi penuh kasus positif Covid-19. Meskipun ruangan RSUD  terisi penuh setiap harinya, namun belum ada warga yang terlantar. Sebab penambahan kasus positif Covid-19 sabanding dengan kasus yang sembuh.


"Kapasitas rumah sakit kita memang mau penuh, di RSUD Rasidin Padang kapasitasnya 70 ruangan dan semuanya terisi," katanya.


Kemudian 90 persen kasus positif Covid-19 di Padang juga menjalani isolasi mandiri dan karantina di Balai BPSDM.


"Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada masyarakat kita yang positif Covid-19 yang terlantar karena penuhnya ruangan,"ujarnya.(Charlie Ch. Legi)

Post a Comment

0 Comments